Sebelum Bepergian, Anda Perlu Cek 3 Komponen Mobil Ini

Ilustrasi pengecekan mobil sebelum bepergian. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Para pemilik mobil harus memahami fungsi beberapa komponen dari kendaraannya. Sebelum memulai perjalanan, baik itu jaraknya normal atau jauh lebih baik jika sudah terlebih dahulu memeriksa mobil.

Hal itu dilakukan bertujuan untuk menghindari kendala yang terjadi ketika sedang dalam perjalanan. Oleh karena itu penting untuk memeriksa kembali beberapa komponen pada mobil.

Lantas, komponen mobil apa saja? Dirangkum VIVA dari Suzuki, Minggu 4 September 2022, ada beberapa komponen-komponen yang harus dicek sebelum dinyalakan. Berikut daftar komponennya.

Komponen pertama adalah aki mobil. Komponen ini memegang peranan penting agar mesin bisa dihidupkan. Hal itu dikarenakan berfungsi untuk menyimpan dan mengalirkan daya listrik ke seluruh bagian mobil. Sebelum berkendara, pastikan kondisi aki tetap prima.

Sebagai pemilik, perhatikan tanda-tanda gejala aki yang mengalami masalah seperti korosi pada terminal aki atau tanda-tanda tidak ada cairan pada aki. Jika cairan aki mulai berkurang, segera lakukan perbaikan.

Sementara itu setelah mesin dinyalakan, cek juga apakah daya listrik mulai melemah yang gejalanya antara lain seperti mobil dihidupkan, klakson tidak berbunyi atau lampu mulai redup saat dinyalakan.

Selain aki, ada juga komponen oli yang melumasi berbagai komponen mesin yang bekerja dan bergesekan agar tidak aus dan rusak saat berkendara. Sebelum melakukan perjalanan memeriksa seluruh komponen oli yang ada di antaranya oli mesin, oli rem, oli power steering hingga oli transmisi bagi pengendara mobil matik.

Cara pemeriksaan oli mudah, hanya butuh mencari tabung penyimpanan oli dan memeriksa apakah cairan tersebut berada di level L atau H. Jika ada oli yang berada di level L atau Low, bisa menambahkan oli ke dalam tabung penyimpanan.

Komponen lainnya adalah ban, yang menjadi bagian yang paling sering bergesekan langsung dengan medan jalanan yang tak menentu. Pastikan kondisinya masih baik, tidak botak, retak atau mulai aus. Jangan lupa juga apakah tekanan udaranya sudah sesuai, tidak kempis karena dapat merusak bagian roda.

Komponen terakhir yang wajib dilihat sebelum diluncurkan mobil adalah rem. Saat hendak berkendara baik itu jarak dekat atau jauh, pastikan komponen ini tetap bekerja dengan baik. melakukan pemeriksaan pada cairan rem seperti yang telah disebutkan di atas, juga pengecekan daya cengkeram rem. (rdr/viva.co.id)

Exit mobile version