Waspadai 4 Macam Penyakit Usus Besar Ini

Ilustrasi usus besar. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Terdapat sejumlah penyakit usus besar yang perlu diwaspadai. Pasalnya, usus besar merupakan salah satu organ penyimpan banyak virus dan bakteri. Di sinilah feses ditumpuk sebelum akhirnya dikeluarkan melalui anus, sehingga tak menutup kemungkinan bisa terkontaminasi zat-zat berbahaya berasal dari makanan yang dikonsumsi.

Jika fungsi usus besar terganggu, sejumlah penyakit akan memengaruhi kemampuan organ bekerja dengan baik sebagai bagian dari sistem pencernaan. Karenanya, penting bagi manusia menjaga pola hidup yang baik, seperti pemilihan makanan agar terhindar dari infeksi atau penyakit lainnya.

Daftar Penyakit Usus Besar

Berbicara tentang itu, seperti apa penyakit usus besar? Simak informasi yang sudah dirangkum oleh detikcom dari berbagai sumber.

1. Polip

Dikutip dari Mayo Clinic, polip usus besar merupakan gumpalan kecil sel yang terbentuk di lapisan usus besar. Kondisi ini umumnya tak berbahaya, namun di beberapa kasus bisa berkembang menjadi kanker usus besar yang bisa berakibat fatal.

Kondisi ini juga bisa dialami oleh siapa saja, tetapi paling berisiko adalah mereka yang berusia 50 tahun ke atas, kelebihan berat badan, perokok, hingga memiliki riwayat penyakit dari keluarga.

Di kebanyakan kasus, polip usus besar umumnya tak menimbulkan gejala yang signifikan. Tapi jika gejala itu muncul, pengidap akan mengalami:

– Perdarahan rektal
– Perubahan warna tinja
– Perubahan kebiasaan buang air besar
– Rasa sakit atau kram perut

2. Kanker Kolorektal

Kanker usus besar (kolorektal) terjadi ketika sel-sel yang melapisi usus besar atau rektum menjadi abnormal dan tumbuh di luar kendali.

Adapun gejala kanker usus besar umumnya bervariasi, tergantung pada ukuran dan lokasi kanker di usus besar. Beberapa gejala yang muncul, di antaranya:

– Perubahan kebiasaan buang air besar
– Perdarahan dubur
– Ketidaknyamanan di bagian perut, seperti kram, nyeri
– Kelemahan atau kelelahan
– Penurunan berat badan yang tak dapat dijelaskan

3. Radang Usus Besar

Kolitis atau radang usus adalah penyakit peradangan pada lapisan usus besar. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti infeksi virus atau parasit, keracunan makanan karena bakteri, hingga penyakit tertentu.

Dikutip dari Pennmedicine, seseorang yang terkena penyakit ini akan mengalami gejala berupa:

– Sakit perut dan kembung yang mungkin konstan atau datang dan pergi
– Tinja berdarah
– Terus-menerus ingin buang air besar
– Dehidrasi
– Diare
– Demam

4. Sindrom Iritasi Usus (IBS)

Sindrom iritasi usus besar (IBS) adalah gangguan umum yang memengaruhi usus besar. Penyebab kondisi ini masih belum diketahui, namun beberapa faktor, seperti kontraksi otot di usus hingga infeksi bisa meningkatkan risikonya. Adapun gejala yang muncul, seperti:

– Berat badan turun
– Diare di malam hari
– Perdarahan rektal
– Muntah
– Kesulitan menelan
– Nyeri yang tak hilang saat buang gas atau air besar. (rdr/detik.com)

Exit mobile version