Pohon Tumbang Timpa Badan Jalan, BPBD Agam Lakukan Pembersihan

Petugas sedang membersihkan material pohon tumbang. Dok BPBD Agam

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membersihkan pohon tumbang menimpa badan jalan di Jorong Pasia Paneh, Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjungmutiara, akibat curah hujan cukup tinggi, Rabu (7/9/2022).

“Tim membersihkan material pohon yang menghambat arus lalu lintas ke Pasia Paneh,” kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Rabu (7/9/2022).

Ia mengatakan, tim berhasil membersihkan materil pohon tersebut pada pukul 12.00 WIB, menggunakan mesin pemotong kayu. Dengan kondisi itu, arus lalu lintas kembali normal menuju daerah lain.

“Pembersihan material pohon juga melibatkan anggota TNI dan pemerintah jorong setempat. Kita juga melakukan koordinasi dengan pihak PT PLN, karena jaringan listrik juga terkena dampak,” katanya.

Ia mengimbau warga yang berada di sepanjang jalan untuk memberikan izin pohon miliknya yang berpotensi tumbang untuk di potong.

Selain itu, memotong pohon di sekitar rumah yang berpotensi menimpa bangunam rumah saat hujan disertai angin kencang. “Ini dalam rangka agar tidak menjadi korban pohon tumbang,” katanya.

Ia mengakui Agam merupakan daerah rawan bencana alam berupa pohon tumbang, tanah longsor, banjir, tsunami, erupsi dan lainnya karena memiliki laut, dataran rendah, dataran tinggi, gunung api aktif dan lainnya.

Dengan kondisi itu, pihaknya telah melakukan sosialisasi dan simulasi kepada warga dalam menghadapi bencana tersebut. “Kita telah mengadakan sosialisasi dan simulasi kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana alam,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version