Terkait Latihan Kerja, Wamenaker Minta Pemda dan BPVP Daerah Samakan Frekuensi

Wamenaker memuji workshop di BPVP Padang, seperti workshop teknik otomotif, teknik manufaktur, teknik las, teknik listrik serta pelatihan barista dan juga busana memiliki fasilitas yang lengkap.

Wamenaker Afriansyah Noor saat mencoba motor listrik di BPVP Padang

Wamenaker Afriansyah Noor saat mencoba motor listrik di BPVP Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker), Afriansyah Noor melakukan kunjungan kerja ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang pada Kamis (8/9/2022).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah pusat sedang menyamakan frekuensi dan komunikasi yang baik dengan BPVP yang ada di daerah, termasuk Padang. Jadi, apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terhadap balai pelatihan di daerah akan disinkronkan dengan program pemerintah.

“Kita akan menyamakan frekuensi serta komunikasi yang baik. Apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Sumbar, kemudian disinkronkan program dan kebutuhan,” tutur Wamen saat memberikan sambutan usai kunjungan ke workshop.

Disebut Wamen, tamatan dari BPVP ini biasanya langsung ditempatkan bekerja. Contohnya, seperti yang sedang berjalan di BPVP Padang saat ini. Ada sekitar 15 siswa pemagangan yang dilatih untuk kemudian dikirim ke Batam.

“Selesai dilatih, mereka langsung ditempatkan bekerja. Ada tadi itu 15 orang dari Sumbar dan satu orang dari Riau. Itu membuktikan, BPVP Padang sudah berhasil membuat sinergisitas dengan pemerintah daerah,” tuturnya.

Tak hanya lengkap, Wamenaker pun memuji workshop di BPVP Padang, seperti workshop teknik otomotif, teknik manufaktur, teknik las, teknik listrik serta pelatihan barista dan juga busana memiliki fasilitas yang lengkap.

“Tadi saya sempat lihat beberapa ruangan dan fasilitas workshop di sini sudah cukup bagus dan lengkap. Tinggal kalau ada yang perlu diperbaiki agar segera dilakukan untuk kemajuan BPVP ke depan,” ucapnya.

“BPVP Padang ini bagus. Saat ini, kita lebih mensinkronkan dengan kebutuhan daerah bukan dengan program pusat, sebab yang tahu daerah masing-masing ya daerah itu sendiri. Jangan ragulah, semua dibiayai oleh Kemnaker pusat,” kata Afriansyah.

Dalam kunjungan tersebut, Wamenaker pun mengapresiasi BPVP Padang yang terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM melalui berbagai pelatihan yang diadakannya.

“Kunjungan saya ke sini selain silaturahmi juga ingin memastikan pengembangan dan peningkatan SDM di BPVP Padang berjalan dengan lancar dan baik,” kata Wamenaker.

Selain itu, Wamenaker juga terkesan dengan adanya program perbaikan motor listrik yang ada di workshop otomotif. Dia mengatakan, setiap BPVP di Indonesia harus bisa meniru ke Padang.

“Motor ini listrik akan sangat berguna bagi masyarakat, apalagi dalam kondisi saat sekarang ini. Saya kaget saat mencoba, motornya tak bersuara. Tapi, ini bisa menjadi sebuah terobosan baru bagi BPVP,” ujarnya.

Ditambahkannya, BPVP Padang juga salah satu balai latihan yang dapat jadi percontohan dalam segala hal. Mulai dari pengelolaan SDM, infrastruktur, materi, instruktur dan juga keahlian yang diajarkan.

“Saya berharap, BPVP Padang ini bisa menjadi acuan nantinya bagi masyarakat yang ingin kompeten dan berguna di dunia usaha nantinya,” tutur Wamenaker yang didampingi Direktur Bina Intala Syamsi Hari dan Kepala BPVP Padang Eka Cahyana Adi.

Sementara itu, Kepala Bidang Industrial dan Pengawasan Dinas Ketenagakerjaan Sumbar, Wahendra yang ikut hadir dalam kunjungan Wamenaker tersebut mengatakan, pihaknya selalu mendukung semua kegiatan yang dilakukan BPVP Padang guna memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

“Provinsi dan BPVP di daerah harus sinergi untuk menyatukan target dan kegiatan. Dalam hal ini, kedatangan Wamen memberi semangat kami untuk bisa mencapai hal tersebut,” tutup Wahendra. (rdr)

Exit mobile version