Pasaman dan Mentawai Diprediksi Hujan Deras Sore Ini

Peringatan dini cuaca hujan deras disertai angin tersebut di dua daerah yakni, Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman dan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.

Ilustrasi hujan deras

Ilustrasi hujan deras

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan, Geofisika (BMKG) memperkirakan sejumlah wilayah di Sumatera Barat akan mengalami hujan sedang hingga deras yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Sabtu (10/9/2022) sore.

Dalam laman BMKG, disebutkan peringatan dini cuaca hujan deras disertai angin tersebut di dua daerah yakni, Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman dan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.

Kondisi tersebut dapat meluas hingga ke wilayah lainnya seperti Palembayan (Agam), Simpang Alahan Mati (Pasaman), Sipora Selatan dan Utara, Siberut Barat Daya dan Tengah (Mentawai) serta Talamau, Kinali dan sekitarnya (Pasaman Barat).

“Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB. Masyarakat diharap selalu waspada, terutama di kawasan rawan bencana,” tulis BMKG dalam siaran persnya.

Sementara, untuk gelombang, BMKG memprediksi perairan barat Sumatera, mulai dari Aceh, Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai serta Bandar Lampung mengalami gelombang 2,5 meter hingga 5 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” bunyi siaran pers BMKG.

Peringatan dini gelombang tinggi merupakan informasi prakiraan gelombang untuk dua hari ke depan yang akan diinformasikan jika terjadi gelombang tinggi lebih dari 1.25 meter dan bertahan selama 12 jam ke depan di sekitar perairan Indonesia.

Sementara itu, BMKG juga memperkirakan sejumlah wilayah Indonesia mengalami hujan ringan pada Sabtu (10/9/2022) siang. Begitu juga dengan kondisi gelombang yang perairan Indonesia.

Wilayah yang diperkirakan mengalami hujan ringan yakni Denpasar, Serang, Pangkal Pinang, Surabaya, Pontianak, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Ambon, Mataram, Pekanbaru, dan Mamuju.

Kemudian, wilayah yang diperkirakan hujan sedang yakni Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, dan Manado. Wilayah yang diperkirakan hujan lebat yakni Bandar Lampung, sementara Jambi dan Banjarmasin diperkirakan mengalami hujan petir.

Wilayah yang diperkirakan cerah berawan yakni Medan, Palembang, Kendari, Makassar, Jayapura, Tarakan, dan Banda Aceh. Wilayah yang diperkirakan berawan yakni Gorontalo, Semarang, Samarinda, Ternate, Manokwari, dan Padang.

Pada malam harinya sebagian besar wilayah Indonesia juga diperkirakan masih hujan ringan yakni Denpasar, Yogyakarta, Jambi, Semarang, Surabaya, Palangka Raya, Tarakan, Pangkal Pinang, Ternate, dan Medan

Sementara, untuk gelombang, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 – 20 knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kep. Batam, Perairan Kep. Lingga, Perairan Kep. Bintan, Selat Makassar bagian selatan, dan Laut Arafuru bagian timur,” tulis laman BMKG. (rdr)

Exit mobile version