Pekan Kebudayaan Sumbar Kembali Digelar

ekan Kebudayaan 2022 merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi ke-77 Sumbar yang jatuh pada 1 Oktober.

Kadis Kebudayaan Sumbar, Syaifullah support PKD 2022.

Kadis Kebudayaan Sumbar, Syaifullah support PKD 2022.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pekan Kebudayaan Sumbar (PKD) kembali digelar. Direncanakan kegiatan ini akan berlangsung pada 1 hingga 5 Oktober 2022 mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah kepada wartawan mengatakan, Pekan Kebudayaan 2022 merupakan rangkaian perayaan Hari Jadi ke-77 Sumbar yang jatuh pada 1 Oktober.

Tahun ini, PKD dengan tanda pagar #DayaBudaya dipusatkan di Komplek Gedung Kebudayaan Sumatra Barat. PKD Sumatra Barat 2022 akan dihadiri Dirjen Kebudayaan Kemendibudristek, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat dan Ketua DPRD Sumatra Barat.

“Nanti juga akan hadir kepala-kepala daerah, masyarakat, seniman dan budayawan, serta pelaku pariwisata. PKD merupakan cara rakyat merayakan seni dan budayanya,” kata Syaifullah.

PKD tahun ini, tambahnya, membuka banyak ruang ekspresi seni dan budaya. PKD juga menghadirkan peristiwa budaya, antara lain panggung budaya 19 kota dan kabupaten, pertunjukan seni kontemporer, festival cepak cepoang makanan khas rakyat.

Juga ada festival tutur bakaba (pembacaan kaba dengan peran atau akting), sipak rago, permainan tradisional, pameran seni rupa, peluncuran buka, penyerahan penghargaan Anugerah kebudayaan.

Ini adalah gelaran kedua setelah kembali digaungkan pada tahun 2021 lalu. Hampir dua tahun sejak Februari 2020 pandemi Covid-19.

Segala yang terpikir diotak-atik, dibolak-balik mencari sedikit sisi yang mungkin bisa dieksploitasi untuk menjaga periuk nasi. Teknologi kemudian menjadi solusi.

Meski terseok, gelaran Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Sumatera Barat ketika itu digelar pada 1 sampai 5 Oktober 2021. (rdr)

Exit mobile version