Kawal Kepala Negara di KTT G20, Paspampres Mulai Latihan Nyetir Mobil Listrik

Ilustrasi mobil listrik. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) mulai berlatih mengemudikan kendaraan listrik. Paspampres akan mengemudikan mobil listrik untuk mengawal kepala negara di KTT G20 Bali, November mendatang.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID)menyelenggarakan sesi pelatihan G20 Driver Training. Pelatihan ini didedikasikan untuk para personel yang bertugas untuk mengemudikan lini mobil listrik Hyundai. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama lima hari mulai dari 19 – 23 September 2022 dan dilaksanakan di Hyundai Training Academy, Cikarang.

Dalam rangka Presidensi G20 Indonesia serta G20 Summit yang akan berlangsung di Nusa Dua, Bali, pada 15-16 November 2022, pelatihan ini bertujuan untuk pengenalan fungsi kendaraan dan meningkatkan pengalaman berkendara di beberapa unit Hyundai yang menjadi kendaraan resmi G20 yaitu, Genesis Electrified G80 dan IONIQ 5.

Pelatihan ini memberikan pembekalan mendalam bagi tim Paspampres yang diperbantukan oleh tim gabungan Paspampres, Sekretariat Negara dan TNI yang akan membawa Genesis Electrified G80, Hyundai IONIQ 5 serta Hyundai IONIQ Electric.

“Hyundai sebagai game-changer di industri otomotif Indonesia sangat mendukung era elektrifikasi yang sudah dimulai oleh Pemerintah Indonesia. Hal ini sesuai dengan kelanjutan komitmen kami untuk mobilitas yang lebih bersih,” kata Woojune Cha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia.

“Melalui program G20 Driver Training, kami ingin turut mendukung dan memastikan kelancaran gelaran G20 Summit agar berjalan secara maksimal. Peserta pelatihan akan merasakan secara langsung teknologi, pengalaman berkendara, hingga pelatihan untuk kondisi darurat dari kendaraan listrik Hyundai,” ujarnya.

Selama mengikuti program pelatihan ini, Paspampres akan mendapatkan materi dan praktik langsung berupa pengetahuan produk,baik dari fitur hingga beragam fungsi teknologi terbaru dari unit yang akan digunakan selama acara. Peserta juga diberikan pelatihan mengenai pencegahan insiden darurat yang terjadi pada mobil dan bagaimana cara mengatasinya.

Paspampres yang bertugas juga mendapat kesempatan untuk mengendarai unit yang akan digunakan guna merasakan langsung performa, kenyamanan, dan keamanan pada saat berkendara.

Para peserta akan dibagi menjadi delapan batch dan menggunakan sembilan unit EV antara lain, tiga unit Genesis Electrified G80, tiga unit IONIQ 5 dan tiga unit IONIQ Electric selama sesi pelatihan.

Sementara itu, untuk gelaran G20 Summit, Hyundai menyediakan lebih dari 450 kendaraan listrik. Itu terdiri dari Genesis Electrified G80 yang akan digunakan para kepala negara,Hyundai IONIQ 5, dan IONIQ Electric. (rdr/detik.com)

Exit mobile version