Rumah Lantai Dua di Padang Terbakar, Kerugian Ratusan Juta

Sekitar lima mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) diturunkan dalam peristiwa itu dan api berhasil dijinakkan.

Petugas damkar Kota Padang memadamkam api di rumah terbakar

Petugas damkar Kota Padang memadamkam api di rumah terbakar

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rumah yang berada di di Jalan Alang Laweh Koto IV, Nomor 13 A, Kelurahan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kejadian kebakaran rumah lantai dua tersebut terjadi Sabtu (24/9/2022). Setidaknya, sekitar lima mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) diturunkan dalam peristiwa itu dan api berhasil dijinakkan.

Kabid Operasional Sarana dan Prasarana Dinas Damkar Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan dari warga sekitar mengenai api dan asap yang muncul dari lantai dua rumah seorang warga.

Petugas saat itu langsung menuju ke lokasi dan tiba sekitar pukul 16.33 WIB dengan mengerahkan lima unit mobil pemadam. “Kebakaran berawal dari kemunculan asap dari lantai dua rumah tersebut dan terjadi pada pukul 16.27 WIB,” jelasnya.

Setelah 30 menit melakukan operasi, petugas berhasil memadamkan api pada pukul 17.01 WIB. Rumah yang terbakar ada satu unit, enam terdampak dan untuk sementara penyebab kebakaran masih dalam pengecekan. Polisi sudah memasang police line di lokasi.

“Kita mengapresiasi tangap cepat masyarakat, ketika adanya kebakaran masyarakat langsung melapor,” ujarnya.

Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, mencatat 130 kali lebih kejadian kebakaran di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa itu sejak Januari hingga Agustus kemarin.

Dia terus mengimbau warga agar berhati-hati terhadap potensi terjadinya kebakaran dan sejumlah kasus yang ada memang sebagian besar akibat kelalaian seperti meninggalkan rumah dalam kondisi kompor gas yang masih terpasang regulator gasnya.

Masyarakat Kota Padang diminta agar waspada terhadap segala hal yang dapat berpotensi menjadi penyebab kebakaran dan menyiapkan racun api di rumah, kantor, pertokoan dan lainnya untuk pertolongan pertama saat terjadi kebakaran. (rdr-007)

Exit mobile version