Pasia Laweh Buka Lima Ruas Jalan Usaha Tani Tahun Ini

Jalan ini dibuka dengan lebar 3 hingga 5 meter, menggunakan satu alat berat yang sudah biasa bekerja di Pasia Laweh.

Perbaikan ruas jalan Pasie Laweh.

AGAM, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, buka lima ruas jalan usaha tani tahun ini, untuk memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertaniannya.

Wali Nagari Pasia, Zul Arfin mengatakan, lima ruas jalan itu di Jorong Angge dua titik, Jorong Pasia Laweh dua titik dan Jorong Palimbatan satu titik.

“Kita targetkan panjang dari lima ruas jalan yang dibuka ini 5,1 kilometer, dengan pagu anggaran Rp142 juta dan masa kerja 36 hari,” ujarnya dilansir laman Agam Media Center (AMC).

Dikatakannya, pengerjaan sudah mulai dilakukan sejak tiga hari lalu di Mudiak Angge, jika lokasi ini sudah selesai maka pengerjaannya dilanjutkan ke titik lain.

“Jalan ini dibuka dengan lebar 3 hingga 5 meter, menggunakan satu alat berat yang sudah biasa bekerja di Pasia Laweh,” sebutnya.

Ia menjelaskan, sesuai pagu anggaran diperkirakannya jalan hanya dapat dibuka setengah dari target. Namun, dengan melihat tingginya partisipasi masyarakat, maka ia optimis target dapat tercapai.

“Partisipasi masyarakat cukup tinggi dalam pembukaan jalan ini seperti, mengantarkan makanan, pembuatan bandar untuk kelancaran pembukaan jalan dan lainnya,” terang Zul Arfin.

Jalan yang dibuka ini, katanya, jalan setapak yang biasa dilalui masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian, karena di Pasia Laweh ekonomi bertumpu pada pertanian.

Akibat sulitnya akses, banyak sawah dan kebun masyarakat yang tidak terkelola, sehingga jalan itu dibuka dalam memudahkan masyarakat mengangkut hasil pertanian dan mengurangi pengeluaran.

“Lima ruas jalan yang dibuka merupakan wilayah produksi pertaniannya tinggi, dengan biaya angkut hasil pertaniannya tinggi pula. Bahkan banyak lagi ruas jalan yang akan dibuka untuk tahun berikutnya,”ujarnya. (rdr)

Exit mobile version