Gempa M 4,5 Hoyak Pasbar, BMKG: Akibat Sesar Aktif Segmen Talamau

Peta kejadian gempa M 4,5 di Pasbar. (BMKG)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gempa bumi magnitudo 4,5 mengguncang Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tepatnya tak jauh dari Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Rabu (28/9/2022) sekitar pukul 10.46 WIB.

Informasi yang dirilis BMKG, disebutkan gempa tersebut terletak pada koordinat 0.17 LU dan 99.86 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 12 km Timur Laut Pasaman Barat, Sumbar pada kedalaman 10 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat sesar aktif segmen Talamau,” demikian informasi BMKG.

Guncangan gempabumi ini dirasakan di Pasaman Barat dan Pasaman Timur II-III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan truk berlalu). Gempa juga dirasakan tidak terlalu kuat hingga ke Kota Padang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Tetap Tenang

BMKG mengimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG) atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (rdr)

Exit mobile version