Besok! Pekan Kebudayaan Daerah 2022 Dimulai

PKD tahun 2022 digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Sumbar yang ke-77 pada tanggal 1 Oktober 2022.

Jumpa pers Pekan Kebudayaan Sumbar 2022

Jumpa pers Pekan Kebudayaan Sumbar 2022

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 Provinsi Sumbar resmi digelar. Iven yang diselenggarakan dari tanggal 1 hingga 5 Oktober 2022 tersebut akan menampilkan sejumlah kesenian tidak hanya dari Sumbar, tapi juga kesenian dari daerah lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Syaifullah mengatakan, PKD tahun 2022 digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Sumbar yang ke-77 pada tanggal 1 Oktober 2022.

Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Daerah 2022 adalah untuk memberi ruang dan apresiasi kepada seniman dan kebudayaan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Ia menambahkan, sejumlah pertunjukkan yang akan ditampilkan pada PKD 2022 di antaranya Reog Kuda Lumping dari Sanggar Seni Singo Budoyo dari Kabupaten Dharmasraya, pertunjukkan Turuk Laggai dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Nanti juga ada Festival Cepak Cepong yang merupakan pameran kuliner tradisional. Jadi di PKD 2022, tidak hanya kesenian pertunjukkan tapi juga kesenian lainnya, seperti pameran seni rupa, tari, dan lainnya,” ujar Syaifullah.

Satu hal yang membuat beda dari penyelenggaraan sebelumnya adalah, pada PKD 2022 kali ini, akan ada Anugrah Kebudayaan Sumatera Barat yang diserahkan kepada insan kesenian Sumbar yang telah memberikan kontribusi bagi pelestarian kebudayaan di Sumbar.

“Untuk daftar lengkap jadwal kegiatan PKD 2022, bisa dilihat di Instagram Dinas Kebudayaan Sumbar. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini bisa semakin mengembangkan kebudayaan di Provinsi Sumbar,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version