Siswa SMA 15 Padang dan SMA Murni Belajar Batik di PKD 2022

Pelajar ini membatik bersama Pembimbing Canting Buana, Yusri. Mereka diajarkan teknik dasar batik.

Siswa SMA belajar batik di PKD 2022

Siswa SMA belajar batik di PKD 2022

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pelajar SMA 15 Padang dan SMA Murni belajar membatik di Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 di Taman Budaya, Rabu (5/10/2022).

Pelajar SMA 15 Padang yang belajar membatik sebanyak 23 orang. Sementara SMA Murni 16 orang.

Pelajar ini membatik bersama Pembimbing Canting Buana, Yusri. Mereka diajarkan teknik dasar batik.

Guru SMA 15 Padang, Melda Sari, mengatakan, pelajar ini belajar edukasi membatik sebagai bagian dari mata pelajaran Kritik Seni.

“Diharapkan mereka juga menguasai teknik batik sehingga bisa menjadi keahlian,” ujarnya.
Pelajar terlihat sangat senang belajar batik dengan instruktur langsung dari Canting Buana.

Seperti diberitakan, PKD 2022 digelar pada 1-5 Oktober 2022. Di PKD, tampil sejumlah komunitas budaya tradisi dari dua belas kabupaten dan kreasi dari tujuh kota di Sumbar.

Selain itu ada pemeran budaya, yang mencoba mengangkat berbagai kekayaan visual Sumatera Barat ke ruang pameran dalam bentuk seni murni dan terapan.

Selain itu, juga ada panggung pertunjukan teater, musik dan tarian. Ada kegiatan literasi, permainan tradisi nagari serta cepak cepoang makanan khas berbagai daerah dari Sumbar.

Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) 2022 Provinsi Sumbar resmi digelar. Iven yang diselenggarakan dari tanggal 1 hingga 5 Oktober 2022 tersebut akan menampilkan sejumlah kesenian tidak hanya dari Sumbar, tapi juga kesenian dari daerah lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Syaifullah mengatakan, PKD tahun 2022 digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Sumbar yang ke-77 pada tanggal 1 Oktober 2022.

Selain itu, tujuan dari penyelenggaraan Pekan Kebudayaan Daerah 2022 adalah untuk memberi ruang dan apresiasi kepada seniman dan kebudayaan agar bisa menampilkan semua talenta yang dimiliki dalam melestarikan kebudayaan daerah.

Ia menambahkan, sejumlah pertunjukkan yang akan ditampilkan pada PKD 2022 di antaranya Reog Kuda Lumping dari Sanggar Seni Singo Budoyo dari Kabupaten Dharmasraya, pertunjukkan Turuk Laggai dari Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Nanti juga ada Festival Cepak Cepong yang merupakan pameran kuliner tradisional. Jadi di PKD 2022, tidak hanya kesenian pertunjukkan tapi juga kesenian lainnya, seperti pameran seni rupa, tari, dan lainnya,” ujar Syaifullah.

Satu hal yang membuat beda dari penyelenggaraan sebelumnya adalah, pada PKD 2022 kali ini, akan ada Anugrah Kebudayaan Sumatera Barat yang diserahkan kepada insan kesenian Sumbar yang telah memberikan kontribusi bagi pelestarian kebudayaan di Sumbar.

“Untuk daftar lengkap jadwal kegiatan PKD 2022, bisa dilihat di Instagram Dinas Kebudayaan Sumbar. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini bisa semakin mengembangkan kebudayaan di Provinsi Sumbar,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version