Wah! Ada Robot Menulis di Pameran KKIN VIII 2022

Pada ajang KKIN VIII di BPVP Padang, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi ini membawa sebuah rancangan yang menarik perhatian. Yakni, sebuah robot yang menulis.

Robot menulis karya BBPVP Bekasi di KKIN VIII 2022 Padang

Robot menulis karya BBPVP Bekasi di KKIN VIII 2022 Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang mengadakan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII tahun 2022. Stand dari BPVP yang ada di Indonesia pun ikut ambil bagian dalam pameran, termasuk BBPVP Bekasi.

Pada ajang KKIN VIII di BPVP Padang, Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi ini membawa sebuah rancangan yang menarik perhatian. Yakni, sebuah robot yang menulis. Kok bisa?

BBPVP Bekasi sendiri dalam pameran kali ini menampilkan 4 alat pelatihan, yaitu printer 3 dimensi, tangan robot yang bisa diprogram untuk melakukan sesuatu seperti menulis, mesin press untuk cetak baju, hingga running teks.

Para pengunjung terlihat tertarik saat mengunjungi stand pameran BBPVP Bekasi, mulai dari orang dewasa, siswa sekolah yang tertarik dengan teknologi tangan robot, hingga anak kecil yang tertarik dengan proses pembuatan patung menggunakan printer 3D.

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor, Bersama Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, disela-sela kegiatan mengunjungi kegiatan KKIN pada hari pertama, juga menyempatkan diri untuk melihat kegiatan pameran, termasuk mengunjungi stand BBPVP Bekasi dan berfoto bersama dengan petugas yang berjaga.

Kepala BBPVP Bekasi, Herman Bija pada Selasa (5/10/2022) atau di hari kedua pelaksanaan acara ini menyebut, timnya membawa robot menulis rancangan dari instrukturnya. Robot ini bisa menulis apa saja sesuai dengan perintah operatornya.

“Kita menamakannya arm robot yang dijalankan menggunakan software Dobot Studio. Bekerja sesuai dengan yang diperintahkan, sesuai dengan head di lengannya. Bisa menggunakan pen atau laser dengan permukaan yang berbeda. Bisa besi atau kertas,” jelas Herman.

Kemudian, tim robotik dari BBPVP Bekasi ini juga membawa sejumlah printilan hasil kerja praktek siswa, mulai dari counter waktu otomatis, driver motor otomatis, running led yang bisa dioperasikan menggunakan handphone dan lainnya.

“Selain itu, kita juga ada printing 3D. Untuk cara kerja, desainnya kita buat dulu di komputer, di copy, kemudian dicetak. Setidaknya, memakan waktu 20 jam untuk membuatnya. Juga bisa untuk membuat action figure,” tutur Herman.

BBPVP Bekasi, sebut Herman, menyediakan lima pelatihan seperti, Teknik Elektronik, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Pariwisata, Refrigerasi (alat pendingin), dan welding (pengelasan).

Sementara itu, stand lain yakni, BPVP Banda Aceh juga menyuguhkan sesuatu yang luar biasa. Stand ini menyediakan minuman kopi Aceh gratis untuk semua pengunjung dan semuanya diracik langsung oleh instruktur pengalaman.

Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang mengadakan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII tahun 2022. Bukan hanya kompetisi, namun juga ada hiburan dan bazaar yang dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 6 Oktober 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari di BPVP Padang, Jalan Sungai Balang, Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Acara KKIN VIII 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Ditjen Binalavotas.

Dalam acara KKIN VIII tahun 2022, BPVP Padang hadirkan berbagai macam hiburan, salah satu acara hiburan yang diadakan BPVP Padang ialah panggung hiburan untuk para peserta KKIN dan masyarakat umum. Selain itu, masih banyak lagi iven lain yang digelar sepanjang acara.

Sementara untuk kompetisi, sebanyak 12 bidang keahlian diikuti oleh 150 peserta KKIN VIII tahun 2022 dari seluruh Indonesia.

Ada 12 bidang keahlian yang dikompetisi yaitu Pengelasan, Otomotif Kendaraan Ringan, Otomotif Sepeda Motor, Listrik, Pendingin, Elektronika, IT Busol, Desain Grafis, Perancangan Rekayasa Mekanik CAD, Garman, Kecantikan dan Restoran Service. (rdr)

Exit mobile version