KKIN VIII di BPVP Padang Ajak Siswa SMK Kenal Dunia Kerja

Salah satu kegiatan menarik yang dilakukan adalah mengajak siswa SMK di Kota Padang untuk mengenal dunia kerja.

Kunjungan siswa SMK ke workshop BPVP Padang dalam rangka tour kegiatan KKIN VIII

Kunjungan siswa SMK ke workshop BPVP Padang dalam rangka tour kegiatan KKIN VIII

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII tahun 2022 yang dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 6 Oktober 2022 di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang berakhir hari ini.

Salah satu kegiatan menarik yang dilakukan adalah mengajak siswa SMK di Kota Padang untuk mengenal dunia kerja.

Sub Koordinator Pemberdayaan dan Peningkatan Produktivitas BPVP Padang, Yanri, Kamis (6/10/2022) mengatakan, dalam gelaran KKIN VIII 2022, ada agenda kunjungan yang dilakukan oleh para siswa SMK di Kota Padang.

Dari data yang diperoleh, 575 siswa dari 12 SMK di Kota Padang mengikuti kegiatan tersebut dan diberikan jadwal tour bergiliran selama tiga hari.

Tujuan didatangkannya ratusan siswa SMK ke BPVP Padang ini adalah untuk mengenalkan dan memberi kesempatan para alumni SMK nantinya untuk belajar dibiayai oleh Kemnaker RI melalui BPVP Padang.

Data dari panitia KKIN VIII, ratusan siswa SMK ini datang secara bergiliran setiap harinya sejak tanggal 3 Oktober 2022.

Di hari pertama, 100 siswa dari SMKN 1 Padang dan SMKN 1 Sumbar datang pada pagi harinya, kemudian pada sore harinya giliran siswa dari SMKN 2 Padang dan SMKN 6 Padang yang melakukan touring.

Lalu, di hari kedua, giliran 100 siswa dari SMKN 4 Padang dan SMKN 8 Padang yang ikut touring pada pagi hari, diikuti 100 siswa dari SMKN 7 Padang dan SMK Semen Padang pada sore harinya.

Pada hari terakhir, giliran 100 siswa dari SMKN 5 Padang dan SMK Teknologi Plus ikut touring pada pagi hari, 50 siswa SMK 1 Muhammadiyah pada sorenya. Sedangkan, 25 siswa dari SMKN 9 Padang mengikuti tour di tempat berbeda, tepatnya di The Premiere Hotel.

“Saat datang, para siswa ini dipandu oleh ASN yang ditugaskan menjadi tour guide dan dibawa ke workshop yang tidak digunakan sebagai tempat lomba. Biar para siswa ini bisa merasakan dan lebih dekat dengan dunia ketenagakerjaan,” tutur Yanri.

Ditambahkannya, untuk siswa SMK yang lulus nantinya dan ingin mengikuti pelatihan di BPVP Padang juga dapat mendaftar melalui website SIAPKerja Kemnaker RI. Syaratnya, fotokopi KTP atau KK yang ada nomor NIK-nya, kemudian fotokopi ijazah terakhir.

Sebelumnya, Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Padang mengadakan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII tahun 2022. Bukan hanya kompetisi, namun juga ada hiburan dan bazaar yang dimulai dari tanggal 3 Oktober hingga 6 Oktober 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari di BPVP Padang, Jalan Sungai Balang, Kelurahan Bandar Buat, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Acara KKIN VIII 2022 diselenggarakan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, Ditjen Binalavotas.

Selain itu, masih banyak lagi iven lain yang digelar sepanjang acara. Sebanyak 12 bidang keahlian diikuti oleh 150 peserta KKIN VIII tahun 2022 dari seluruh Indonesia.

Ada 12 bidang keahlian yang dikompetisi yaitu Pengelasan, Otomotif Kendaraan Ringan, Otomotif Sepeda Motor, Listrik, Pendingin, Elektronika, IT Busol, Desain Grafis, Perancangan Rekayasa Mekanik CAD, Garmen, Kecantikan dan Restoran Service. (rdr)

Exit mobile version