Pertalite Disebut Punya RON 86, Setelah Diuji Pemerintah Begini Hasilnya

Ilustrasi BBM jenis Pertalite. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Lagi-lagi, tudingan buruk menjurus pada Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite. Di jagat Twitter, Pertalite yang punya kadar Research Octane Number (RON) 90, saat diuji menggunakan digital octane tester tertulis hasilnya RON 86.

Dalam unggahan itu, tampak BBM berwarna hijau terang di dalam botol dan ketika alat dimasukkan menunjukkan RON 86. Adapun baru-baru ini, pemerintah lewat Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi telah melakukan pengujian terhadap kualitas Pertalite.

Caranya adalah mengambil sampel di sejumlah SPBU untuk kemudian dilakukan pengujian guna mendapatkan kepastian mutu. Untuk tahap awal, telah diambil sampel Pertalite di 6 SPBU wilayah Jakarta. Keenam SPBU tersebut yaitu:

– SPBU Lenteng Agung (31.126.01)
– SPBU Taman Mini (34.135.03)
– SPBU Taman Mini (34.138.01)
– SPBU Abdul Muis (31.102.02)
– SPBU Sunter (31.143.01)
– SPBU S.Parman (31.114.01)

Dari keenam SPBU tersebut dua di antaranya (berkode 34) dimiliki dan dikelola oleh swasta atau DODO (Dealer Owner Dealer Operate). Sedangkan empat lainnya (berkode 31) adalah dimiliki serta dikelola Pertamina alias COCO (Corporate Owner Corporate Operate).

Dari keenam sampel itu, kemudian Lemigas menguji dengan prosedur dan standar yang baku untuk 19 parameter uji. Adapun 19 parameter yang dimaksud adalah angka oktana, stabilitas oksidasi, kandungan sulfur, sulfur merkaptan, kandungan timbal, kandungan logam, kandungan oksigen, kandungan olefin, kandungan aromatik, kandungan benzene, distilasi, sedimen, unwashed gum, washed gum, tekanan uap, berat jenis pada 15 derajat celcius, korosi bilah tembaga, penampilan visual, dan warna.

Dari hasil pengujian tersebut, terlihat Pertalite di keenam SPBU memenuhi batasan mutu yang ditetapkan. Misalnya angka oktan di SPBU Abdul Muis 90,5, di Sunter 90,1, di S.Parman 90,2 di Lenteng Agung 90,6, Taman Mini masing-masing 90,7, dan 90,6. Warna serta visualnya pun sama yakni hijau dengan penampilan jernih dan terang. Kandungan sulfur masih di bawah ambang batas maksimal yang ditetapkan.

“Dengan ini tidak terindikasi adanya batasan mutu off-spec. Semuanya on-spec,” Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji dikutip laman Lemigas.

Di lain pihak, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting juga menegaskan bahwa Pertalite memenuhi spesifikasi BBM RON 90 yang dipasarkan dalam negeri. Adapun, alat pengujian RON yang digunakan itu belum bisa dipastikan validasinya.

“Pertamina tidak dapat memastikan alat yang digunakan dalam pengujian RON. Jika alat yang digunakan tersebut adalah Oktan Analyzer Portable, alat tersebut juga harus terbukti sudah terkalibrasi menggunakan certified reference material secara berkala,” jelas Irto dikutip detikFinance.

Pertalite sendiri sejak harganya naik Rp10.000 per liter sudah beberapa kali mendapat tudingan buruk. Mulai penggunaannya yang disebut lebih cepat boros, cepat menguap, dan yang terbaru hasil RON-nya hanya 86 alias di bawah Premium (RON 88). Makanya, telah dilakukan pengujian terhadap Pertalite dan hasilnya disebut tidak ada yang di luar spesifikasi yang ditentukan Pemerintah. (rdr/detik.com)

Exit mobile version