Kapolda Jatim Dicopot, Digantikan Irjen Pol Teddy Minahasa

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa menggantikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta

Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa menggantikan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Nico Afinta menjadi Sahlisosbud Kapolri.

Mutasi ini tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/2134/X/KEP/2022. “Ya betul tour of duty dan tour area,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.

Dia mengatakan mutasi merupakan hal biasa. Dia menyebut mutasi ditujukan untuk meningkatkan kinerja organisasi.

“Mutasi adalah hal yang alamiah di organisasi Polri dalam rangka promosi dan meningkatkan kinerja organisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim bakal dijabat oleh Irjen Teddy Minahasa Putra. Sebelumnya, Irjen Teddy menjabat sebagai Kapolda Sumbar.

Lalu, Kapolda Sumbar bakal diisi oleh Irjen Rusdi Hartono. Kemudian, Brigjen Asep Edi Suheri juga dimutasi menjadi Wakabareskrim Polri.

Pencopotan Nico Afinta ini dilakukan setelah terjadinya Tragedi Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 orang pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Sebelumnya, Kapolres Malang juga telah dicopot.

Tragedi Stadion Kanjuruhan 2022 adalah tragedi kerusuhan dan insiden saling injak yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada 1 Oktober 2022.

Kerusuhan ini merupakan bagian dari rivalitas lokal Derbi Super Jawa Timur yang mempertemukan Arema dengan Persebaya Surabaya.

Tragedi kerusuhan ini juga dianggap sebagi musibah sepak bola yang terbesar dalam sejarah sepak bola Indonesia dan Asia, serta terbesar kedua dalam sejarah sepak bola dunia setelah tragedi Estadio Nacional di Peru. (rdr)

Exit mobile version