Legislator Agam Ingatkan Kada Fokus Cari Dana untuk Jalankan Program Unggulan

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Agam, Edwar. (Antara/HO-Dok Humas DPRD Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Fraksi Partai Gerindra DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengingatkan kepala daerah (kada) setempat agar fokus pada pencapaian Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD), karena tahun depan merupakan tahun ketiga dalam menjalankan pemerintahan.

“Kepala daerah juga fokus untuk mencari dana untuk menjalankan program unggulan, karena 2023 merupakan tahun ketiga kepala daerah menjalankan pemerintahan, sementara capaian RPJMD masih belum terlihat signifikan,” kata anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Agam, Edwar di Lubukbasung, Selasa (11/10/2022).

Ia mengatakan, Fraksi Gerindra meminta Pemkab fokus pada pembangunan fisik yang berkualitas dan penyelenggaraan pemerintah yang bersih.

Setelah itu, pendistribusian tugas pemerintahan yang jelas, agar pengurusan di Agam berjalan dengan baik.

Pemkab Agam harus memaksimalkan program-program yang realistis dan berdampak langsung pada masyarakat khususnya petani dan nelayan. Serta program yang bisa membangkitkan ekonomi masyarakat secara langsung.

Setelah itu, melakukan kajian serta tindakkan real dalam hal memitigasi kemungkinan yang akan terjadi atas pertumbuhan ekonomi yang cenderung melemah di Agam, akibat dampak krisis global yang akan dihadapi Indonesia pada 2023, sesuai peringatan yang telah disampaikan pemerintah pusat dalam setiap pembahasan ekonomi nasional.

“Lakukan evaluasi capaian kinerja di masing-masing organisasi perangkat daerah, baik itu koordinasi, komunikasi maupun hasil kerja yang sesuai dengan target daerah untuk menuju Agam yang mampu melayani masyarakat dengan baik, maju, sukses dan mandiri untuk masa yang akan datang,” katanya.

Sementara Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri mengatakan pelaksanaan APBD 2023 akan fokus dan berpedoman pada RPJMD 2021-2025.

“Penyusunan RKPD 2023 sesuai Permendagri No 84 Tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2023 dalam rangka pencapaian indikator kinerja daerah dan pelaksanaan program-program prioritas, sehingga tujuan dan target pembangunan jangka menengah dapat tercapai pada akhir periode RPJMD,” katanya.

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintah yang bersih, Pemkab Agam akan meningkatkan koordinasi, pengendalian, pengawasan, monitoring dan evaluasi pada semua unsur pemerintahan, sehingga akan mendorong pembangunan yang berkualitas pada semua sektor di Agam. (rdr/ant)

Exit mobile version