Serangan Pesawat tanpa Awak Rusia Hancurkan Kendaraan Militer Ukraina di Mykolaiv

Ilustrasi truk dan ruas jalan di Kyiv Ukraina yang terbakar akibat serangan Rusia. )Foto: The Moscow Times)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) militer Ukraina hancur lebur dalam serangan pesawat tanpa awak (drone) Angkatan Bersenjata Federasi Rusia (VSRF), di Oblast (Provinsi) Dniproptrovsk dan Mykolaiv, Kamis 13 Oktober 2022.

Kementerian Pertahanan Rusia merilis sebuah video yang menunjukkan sejumlah kendaraan Angkatan Bersenjata Ukraina (ZSU) hancur, dihantam drone militer Rusia.

Tank, kendaraan lapis baja meriam swagerak, hingga mobil Humvee luluh lantak jadi rongsokan dalam serangan di rayon Kryvyi Rih, Dnipropetrovsk dan Mykolaiv.

“Sebagai akibat dari penggunaan UAV (drone), beberapa tank, artileri swagerak dan kendaraan roda, termasuk yang dipasok oleh negara-negara NATO, hancur,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, dikutip VIVA Militer dari Russia Today.

Selain menggunakan drone bunuh diri, mjliter Rusia juga mengerahkan drone intai untuk merekam serangan demi serangan di sejumlah titik. Aksi ini adalah langkah pertahanan yang diambil militer, untuk mengamankan empat wilayah barunya, Donetsk, Kherson, Luhansk dan Zaporizhzhia.

Drone bunuh diri yang digunakan adalah versi upgrade ZALA Lancet, yang diproduksi oleh perusahaan industri pesawat tanpa awak ZALA Aero Group sejak 2019. Selain di palagan Ukraina, drone kamikaze (bunuh diri) ini juga dioperasikan militer Rusia di Suriah.

ZALA Lancet terbagi dalam dua varian, yakni Lancet-3 dan Lancet-1. Drone ini yang memiliki kecepatan maksimal mencapai 110 kilometer per jam dan mampu menjangkau sasaran sejauh 40 kilometer. Di fitur tempur, ZALA Lancet dilengkapi dengan hulu ledak HE-Fragmentation. (rdr/viva.co.id)

Exit mobile version