Pemko Pariaman Usulkan Poskesdes di Kelurahan Jalan Kereta Api jadi Puskesmas

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Sumbar Nazifah. (ANTARA/Aadiaat M. S.)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat sedang mengusulkan peningkatan satu Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Kelurahan Jalan Kereta Api menjadi Puskesmas guna memberikan pelayanan kesehatan terbaik di tingkat I kepada warga di Kecamatan Pariaman Tengah.

“Saat ini di Pariaman Tengah hanya memiliki satu Puskesmas padahal melihat dari padatnya penduduk seharusnya sudah memiliki dua Puskesmas,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah di Pariaman, Kamis (20/10/2022).

Ia mengatakan untuk peningkatan status tersebut pihaknya telah menyusun persyaratan serta hari ini meminta rekomendasi ke pemerintah provinsi sebagai bahan pengusulan ke Kementerian Kesehatan.

Ia menyampaikan dipilihnya Poskesdes tersebut untuk peningkatan status sudah menjalani pertimbangan yang mendalam karena meskipun ada lokasi lainnya yang lebih representatif namun tidak memenuhi syarat. “Kalau ini sudah memenuhi syarat, tanahnya juga milik pemerintah kota,” katanya.

Jika disetujui maka jumlah Puskesmas di Pariaman akan bertambah dari yang sebelumnya tujuh menjadi delapan sehingga dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah itu. Nazifah mengatakan selain meningkatkan status Poskesdes pihaknya juga tengah memperbaiki pelayanan di 38 unit Poskesdes dan Polindes serta 12 unit Postu.

Hal tersebut karena 23 pelayanan kesehatan tersebut telah mengalami kerusakan yang harus diperbaiki segera oleh pemerintah karena dapat mengganggu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. “Bahkan ada bidan desa yang menggunakan rumahnya untuk pelayanan. Namun sebelum diperbaiki kami data dulu mana yang tanahnya milik pemerintah,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya ia juga mendata kembali bidan desa yang memanfaatkan pusat pelayanan kesehatan pertama di daerah itu. “Kami periksa satu-satu, jika ternyata bangunannya masih layak digunakan tapi tidak ditempati bidan desa maka akan kami perintahkan untuk menempatinya,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version