Material Longsor Dibersihkan, Jalan Dama Sikuciang ke Siguhung Agam Sudah Bisa Dilalui

Anggota Satgas BPBD Agam sedang membersihkan material tanah longsor menimbun badan jalan di Siguhung, Senin (24/10). (ANTARA/HO- BPBD Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mengerahkan Satuan Tugas (Satgas) untuk membersihkan material tanah longsor yang menutupi badan jalan menghubungkan Dama Sikuciang menuju Siguhung Kecamatan Lubukbasung, Senin.

“Kita mengerahkan anggota Satgas untuk memberaihkan material tanah longsor setelah mendapat informasi dari Jorong Siguhuang, Senin (24/10/2022) sekitar pukul 08.20 WIB,” kata Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Senin (24/10/2022).

Pembersihan material tanah longsong sepanjang lima meter dengan tinggi sekitar dua meter itu bersama pemerintah nagari, jorong dan warga setempat.

Pembersihan material tanah longsor dilakukan secara gotong royong dan material sudah bersih, sehingga akses lalu lintas sudah bisa dilalui kendaraan. “Kendaraan sudah bisa melewati daerah itu,” katanya.

Tanah longsor itu akibat curah hujan tinggi melanda daerah tersebut, Minggu (23/10) sekitar pukul 19.00 WIB. Selain menimbun badan jalan, tanah longsor juga mengenai kabel listrik dan menutupi saluran irigasi. “Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, karena kendaraan sedang sepi melewati jalan tersebut,” katanya.

Dengan kondisi curah hujan tinggi, ia mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan saat melewati daerah perbukitan.

Selain itu, hindari berada di sepanjang sungai saat curah hujan tinggi. “Ini dalam rangka agar tidak menjadi korban saat bencana alam itu melanda daerah tersebut,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version