Mengkover 10 Kecamatan, BPBD Agam Dirikan Pos Penanggulangan Bencana di Ampekkoto

Satgas BPBD Agam sedang mendirikan plang Pos Penanggulangan Bencana di Kantor Camat Ampekkoto, Selasa (1/11). (Antara/HO-Dok BPBD Agam)

LUBUKBASUNG, RADARSUMBAR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat mendirikan Pos Penanggulangan Bencana di Kantor Camat Ampekkoto untuk mendekatkan pelayanan saat terjadinya bencana di 10 kecamatan.

“Pos Penanggulangan Bencana itu bakal kita resmikan pada Rabu (2/11/2022) pagi,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito di Lubukbasung, Selasa (1/11/2022).

Ia mengatakan, pos tersebut bakal dilengkapi dengan anggota Satgas beserta peralatan. Keberadaan pos itu untuk mendekatkan pelayanan bagi 10 kecamatan di Agam wilayah timur.

“Ini mengingat jarak pos utama dengan kecamatan itu cukup jauh dan membutuhkan waktu cukup lama apabila terjadi bencana alam,” katanya.

Dengan adanya pos itu, Satgas yang piket langsung turun ke lokasi untuk menangani bencana alam yang terjadi berupa tanah longsor, banjir dan lainnya. “Satgas langsung turun ke lokasi setelah ada laporan bencana alam dan jarak cukup dekat ke kecamatan lainnya,” katanya.

Ia mengakui, pembentukan pos itu sudah direncanakan beberapa bulan lalu dan pos itu sangat dibutuhkan.

Agam, tambahnya, merupakan daerah rawan bencana alam berupa tanah longsor, banjir, angin puting beliung, erupsi gunung api, tsunami, abrasi pantai dan gempa bumi.

Ini mengingat bahwa Agam memiliki dataran tinggi, dataran rendah, gunung api aktif dan laut. “Untuk itu, kita perlu mendirikan pos dalam menangani dampak bencana itu nantinya,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version