Alhamdulillah! Warga Kota Padang Semakin Tertib Adminduk

Hal ini terbukti membludaknya warga yang datang untuk mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan (Adminduk).

Layanan adminduk di Pekan Dukcapil Kota Padang

Layanan adminduk di Pekan Dukcapil Kota Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pelaksanaan Pekan Dukcapil Padang di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat.

Hal ini terbukti membludaknya warga yang datang untuk mengurus berbagai keperluan administrasi kependudukan (Adminduk).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Padang Teddy Antonius mengatakan, tingginya antusias warga membuktikan kalau warga Kota Padang semakin tertib Adminduk.

“Kesadaran warga akan pentingnya mengurus dokumen kependudukan semakin tinggi, seiring dengan semakin banyaknya program pemerintah yang memerlukan basis data kependudukan,” kata Teddy, seusai meninjau Pekan Dukcapil, Rabu (9/11/2022).

Dipilihnya Kecamatan Koto Tangah sebagai tempat pelaksanaa Pekan Dukcapil menurut Teddy, karena Koto Tangah merupakan kecamatan terluas, serta memiliki jumlah penduduk yang terbanyak, ditambah jarak yang cukup jauh dari kantor Dukcapil Kota Padang.

“Ini sekaligus merupakan program jemput bola dan upaya mendekatkan Dukcapil dengan masyarakat, sesuai dengan motto Dukcapil yakni membahagiakan masyarakat dengan cara menerbitkan dokumen kependudukan,” tambah Teddy.

Melihat tingginya antusias warga, Teddy merasa perlu untuk mengagendakan kembali kegiatan yang sama di Kecamatan Koto Tangah, agar kebutuhan Adminduk masyarakat dapat terpenuhi secara maksimal.

Pada Pekan Dukcapil kali ini, Kartu Identitas Anak (KIA) merupakan yang paling banyak diurus oleh warga, selain dokumen kependudukan lainnya seperti KTP, KK dan perubahan data.

Teddy mengatakan, hampir semua yang mengurus KIA beralasan mereka datang atas desakan dari anak, karena melihat teman-temannya sudah memiliki KIA yang diperoleh dari sekolah.

“Anak-anak tersebut terlihat sangat gembira saat kita serahkan KIA, inilah salah satu tujuan kita yakni bagaimana menjadikan masyarakat bangga memiliki identitas kependudukan,” kata Teddy mengakhiri wawancara. (rdr/ipb)

Exit mobile version