Cara Menghilangkan Sendawa Terus-menerus, Begini Mencegahnya

Ilustrasi sendawa. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Sendawa adalah salah satu respons alami tubuh untuk mengeluarkan gas yang ada di dalam lambung, dari efek makanan atau minuman yang dikonsumsi. Lantas bagaimana cara menghilangkan sendawa?

Sendawa umumnya tidak perlu penanganan khusus karena bisa membaik sendiri. Kondisi ini juga dapat terjadi pada setiap orang, mulai dari bayi, anak-anak, hingga dewasa.

Pada beberapa kondisi, sendawa bisa terjadi secara terus-menerus sehingga sangat mengganggu. Ada juga sendawa yang menjadi gejala pada suatu penyakit serius sehingga harus diwaspadai. Sebelum mengetahui bagaimana cara menghilangkannya, simak dahulu apa saja yang menjadi penyebab terjadinya sendawa.

Penyebab Sendawa

Melansir dari laman Healthline, di bawah ini terdapat faktor paling umum yang menyebabkan seseorang sering sendawa.

– Makan atau minum terlalu cepat.
– Mengonsumsi minuman berkarbonasi.
– Bernapas dengan cepat.
– Terlalu banyak tertawa.
– Merasa cemas atau stres berlebihan.
– Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti ibuprofen, sorbitol, atau acarbos.
– Mengonsumsi makanan tinggi pati, gula, atau serat.
– Mengalami masalah gangguan pencernaan atau mulas.
– Menderita penyakit asam lambung (GERD), gastritis, dispepsia, tukak lambung, penyakit celiac yaitu intoleransi gluten, hingga sindrom dumping.

Apabila sendawa disebabkan karena penyakit penyerta, sudah seharusnya Anda memeriksakan diri ke dokter penyakit dalam untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Sendawa

Berikut beberapa cara menghilangkan sendawa yang perlu Anda tahu supaya tidak berlangsung secara terus-menerus.

– Berjalan-jalan atau melakukan gerakan aerobik ringan setelah makan.
– Minum teh jahe setelah makan. Jahe dapat membantu meredakan iritasi gastrointestinal dan mencegah asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan.
– Minum teh chamomile. Teh ini diyakini bisa mencegah refluks asam.
– Tidak melakukan aktivitas yang menyebabkan Anda menelan udara dengan cepat, seperti tertawa dan minum terlalu cepat.
– Minum antasida untuk menetralkan asam lambung dan mencegah mulas yang dapat menyebabkan sendawa.

Cara Mencegah Sendawa

Meski tidak selalu mengindikasikan gejala penyakit serius, sendawa terus-menerus bisa membuat tidak nyaman. Berikut cara mencegahnya.

1. Mengubah kebiasaan makan

Ada beberapa kebiasaan makan dan minum yang perlu diubah untuk menghindari terjadinya sendawa. Seperti tidak makan dan minum terburu-buru dan membatasi kebiasaan merokok. Kemudian tidak makan sambil mengobrol, jangan minum menggunakan sedotan, serta makan dengan porsi kecil dan tidak langsung banyak.

2. Membatasi makanan dan minuman tertentu

Jenis makanan dan minuman tertentu ternyata bisa menyebabkan sendawa. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi minuman berkarbonasi dan alkohol. Menghindari makanan yang tinggi kandungan gas yaitu brokoli, kembang kol, produk susu, pisang, atau kacang-kacangan, serta mengurangi jenis pati, gula, dan serat yang berlebihan.

3. Kelola stres

Stres yang meningkatkan ketegangan berlebih, dapat memengaruhi Anda menelan udara cukup banyak dan berisiko meningkatkan sendawa. Mulai sekarang, coba untuk menghindari segala hal yang berpotensi membuat stres. Pastikan tubuh Anda mendapat istirahat cukup dan tidak mengonsumsi makanan bernutrisi.

Itulah cara menghilangkan sendawa sekaligus trik mengatasinya supaya tidak keterusan mengalami sendawa. Semoga dapat bermanfaat. (rdr/cnnindonesia.com)

Exit mobile version