PD PIRA Sumbar Ziarah ke Makam Pahlawan di Kota Padang

Pengurus Daerah Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sumbar menggelar ziarah makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara Padang di Jalan Juanda, Lolong Belanti Kota Padang, Selasa (15/11/2022).

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pengurus Daerah Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sumbar menggelar ziarah makam di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Negara Padang di Jalan Juanda, Lolong Belanti Kota Padang, Selasa (15/11/2022). Tujuannya untuk memeringati Hari Pahlawan ke-77 tahun 2022.

Ketua PD PIRA Sumbar Nurul Anastasia mengatakan, kegiatan ini merupakan program PIRA untuk memeringati Hari Pahlawan. Khusus peringatan tahun 2022 ini, pengurur PIRA Sumbar menggelar tabur bunga di salah satu makam pahlawan nasional perempuan asal Sumbar Siti Manggopoh.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan baik, meski Kota Padang sering diguyur hujan belakangan ini,” kata Nurul Anastasia saat dihubungi.

Katanya, PIRA akan terus bergerak melakukan kegiatan membantu Gerindra dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2024. Turut hadir dalam tabur bunga ini, Sekretaris PD PIRA Sumbar Nurhaida dan pengurus lainnya, Rina Shintya Ningsih, Felda Yurnawati, Desi Armilus dan lainnya.

Sekretaris PD PIRA Sumbar Nurhaida yang hadir bersama pengurus lainnya di lokasi menyebutkan, dalam memperingati Hari Pahlawan, sesuai intruksi Ketua PD PIRA Sumbar Nurul Anastasia melakukan ziarah ke makam pahlawan dan menabur bunga. “Salah satunya ke makam Siti Manggapoh di TMP Kusuma Negara Padang,” katanya.

Nurhaida mengatakan, Siti Manggopoh adalah pahlawan perempuan dari Minangkabau, tepatnya dari Lubukbasung, Kabupaten Agam. Siti Manggopoh ini dijuluki Singa Betina dari Ranah Minang. “Beliau terkenal karena Perang Belasting zaman kolonial Belanda, karena tidak suka dengan kebijakan ekonomi melalui pajak uang,” kata Nurhaida yang juga Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengapresiasi kegiatan PIRA Sumbar dalam memperingati Hari Pahlawan. Dia berharap, PIRA dan semua organisasi sayap Partai Gerindra terus bergerak melakukan kegiatan yang dekat dengan masyarakat. “Kami juga minta PIRA membantu pemenangan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI dan Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif 2024,” katanya. (rdr)

Exit mobile version