Mobil Listrik Citroen Ami Buggy, 50 Unit di Dunia, Cuma 1 di Indonesia

Mobil Listrik Citroen AMI Buggy diperkenalkan di Indonesia, Kamis (17/11/2022). (Foto: ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Produsen roda empat asal Prancis, Citroen telah mengenalkan mobil listrik Citroen Ami Buggy di Indonesia. Sayangnya, kendaraan langka tersebut hanya untuk dipamerkan, bukan untuk dijual. Biar tak penasaran, yuk intip spesifikasi Citroen Ami Buggy.

Advisory Board Indomobil Group selaku distributor mobil Citroen di Indonesia, Tan Kim Piauw mengatakan, Ami Buggy merupakan produk super langka. Bahkan, pihaknya melabeli kendaraan tersebut sebagai ‘ultra limited editon’.

“Citroen My Ami Buggy ini mobil yang benar-benar langka. Di dunia cuma ada 50 unit dan Indonesia cuma kebagian satu. Kami belum tahu, apakah satu unit ini akan kami jual atau tidak,” ujar Tan Kim Piauw saat berbincang dengan wartawan di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, belum lama ini.

Mobil Citroen Ami Buggy yang telah dikenalkan tersebut merupakan produk impor utuh atau completely built up (CBU) dari Eropa. Itulah mengapa, setir kemudinya masih berada di sebelah kiri.

Nah, untuk memahami kendaraan tersebut lebih jauh, berikut detikOto rangkum spesifikasi dan fitur lengkapnya.

Spesifikasi Citroen Ami Buggy

Desain dan Dimensi

Secara dimensi, Citroen Ami Buggy lebih kecil dari mobil listrik Wuling air EV. Kendaraan tersebut punya panjang 2.410 mm, lebar 1.390 mm, dan tinggi 1.525 mm. Itulah mengapa, orang-orang bertubuh tinggi mungkin akan merasa kesempitan di ruang kabinnya.

Menariknya, Citroen Ami Buggy punya desain depan dan belakang yang hampir sama. Bahkan, sepintas, kendaraan tersebut seperti memiliki dua wajah. Sementara bodinya terbuat dari material plastik kuat dengan atap yang bisa dibuka dan tutup.

Mobil mungil itu tidak menggunakan jendela di kedua sisinya. Bukan hanya itu, pintunya dibuat ringkas dengan desain yang juga terbuka. Sehingga, pengemudi di dalam bisa merasakan terpaan angin dari luar kabin.

Fitur

Mengingat di Eropa kendaraan itu dijual murah dan untuk keperluan rekreasi, maka tak ada yang terlalu istimewa dari fitur atau teknologinya. Citroen Ami dibekali panel instrumen digital dengan layar yang terbilang kecil. Kemudian di bagian tengahnya terdapat komponen seperti holder untuk meletakkan ponsel, botol minum, dan lainnya.

Citroen Ami Buggy juga disematkan port USB untuk mengisi daya ponsel, blower atau pendingin kabin seperti kipas dan tombol-tombol di sisi kiri pengemudi untuk mengganti transmisi maju, netral dan mundur.

Secara fitur, kendaraan tersebut memang dibuat sederhana dan terkesan apa adanya.

Spesifikasi

Citroen Ami Buggy menggunakan motor listrik dengan tenaga 8 dk atau 6 kw. Pembekalan tersebut membuat kendaraan hanya mampu melesat hingga kecepatan 45 kilometer per jam.

Sementara baterainya memiliki daya 5,5 kw dengan jarak tempuh 70 kilometer. Menariknya, untuk mengisi dayanya dari nol ke 100 persen, kita hanya memerlukan waktu sekira 3 jam.

Lebih jauh, Citroem mengklaim, Ami Buggy merupakan mobil yang dirancang khusus dan dapat dikendarai berbagai kalangan, mulai dari remaja berusia 14 tahun hingga lansia 77 tahun. (rdr/detik.com)

Exit mobile version