Puluhan Anggota Linmas Kota Padang Dilatih Pencegahan Kebakaran

Anggota Satlinmas Kota Padang dilatih cara memadamkan api. (Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Satpol PP Padang menggelar aksi kegiatan peningkatan kapasitas pencegahan kebakaran, yang diikuti sebanyak 20 orang anggota Bidang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Mako Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Senin (21/11/2022).

Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang, Andree Algamar yang juga Sekda Kota Padang ini mengatakan, aksi pelatihan peningkatan kapasitas pencegahan kebakaran bagi anggota Bidang Satlinmas Satpol PP Kota Padang sangat penting.

“Sesuai Tupoksi Satlinmas, mereka bukan saja menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Padang, namun juga garda terdepannya Pemko Padang dalam menangani bencana bersama masyarakat di Kota Padang,” ujar Andre Algamar, Sekda Kota Padang.

Menurut Andre Algamar, tujuan diadakan pelatihan ini sebagai bekal kesiapan masyarakat dalam antisipasi dan menanggulangi kebakaran lebih awal. Dengan keterampilan yang diberikan ini, diharapkan anggota Linmas berperan aktif apabila terjadi kebakaran bersama masyarakat nantinya.

“Pelatihan ini selain mempererat kekompakan juga membekali Satlinmas agar lebih cekatan dalam menangani bencana nantinya,”tambah Andree.

Selain aksi pelatihan pemadaman api yang diberikan oleh Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padan, Satlinmas juga melakukan praktik langsung cara menjinakkan ular liar, aksi pelatihan penanganan kebakaran tabung gas dan pengenalan alat-alat pemadam kebakaran.

“Jadi, kali ini kami berikan pelatihan penanganan bahaya kebakaran skala kecil seperti kebakaran tabung gas yang sering terjadi di masyarakat, mudah-mudahan dengan pelatihan ini nantinya juga dapat memberikan pemahaman kepada warga di lingkungan tempat tinggal mereka,” imbuh Kadis Damkar, Budi Payan.

Menurut Kadis Damkar, sejak materi awal yakni pelatihan dasar, semua anggota sangat antusias mengikuti komando, termasuk saat diberikan pelatihan cara mengatasi bahaya kebakaran skala kecil seperti halnya penanganan api pada selang tabung gas, hingga pengenalan alat-alat pemadam kebakaran.

“Meski waktunya terbatas, namun kita berharap Satlinmas Satpol PP Padang mampu untuk meminimalisir bencana kebakaran dan bisa berkalaborasi nantinya dilapangan,” harapnya. (rdr)

Exit mobile version