Gempa M 4,6 Guncang Pessel, Getaran Terasa hingga Padang

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gempa bumi magnitudo 4,6 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumbar, pada Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 18:37 WIB.

“Hari Minggu, 27 November 2022 pukul 18:37:29 WIB telah terjadi gempa tektonik di Muko-Muko, Bengkulu. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=4.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.56 LS dan 100.08 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada 60 km Barat Daya Painan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada kedalaman 35 km,” kata Kepala Stasiun Geofisika Padangpanjang Suaidi Ahadi, Minggu (27/11/2022) lewat pesan WhatsApp.

Ia menjelaskan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat patahan lokal. “Guncangan gempa dirasakan di Padang dan Pesisr Selatan,” ujarnya.

Ia mengatakan, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. “Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Ia mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” katanya.

“Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version