41 Warga Berkebutuhan Khusus di Pariaman Terima Bantuan dari Kemensos

Kementerian Sosial menyerahkan bantuan kursi roda kepada warga berkebutuhan khusus di Pariaman, Rabu (7/12/2022). (ANTARA/Aadiaat M.S)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) membantu 41 warga berkebutuhan khusus di Kota Pariaman, Sumatera Barat guna mempermudah mereka beraktivitas sehari-hari.

“Ada 74 paket bantuan yang kami berikan pada bulan ini untuk Pariaman. Kenapa bulan ini? Karena bulan-bulan sebelumnya kami juga menyalurkan bantuan. Dan ini akan berlanjut,” kata Penanggungjawab Penyaluran Bantuan Antensi Kemensos RI Suyono di Pariaman, Rabu (7/12/2022).

Penyaluran Bantuan Antensi Kemensos ini juga dalam rangka Kunjungan Kerja Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis di Pariaman.

Ia mengatakan bantuan yang disalurkan tersebut merupakan permintaan dari warga berkebutuhan khusus melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pariaman.

Penyaluran bantuan tersebut juga dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada 3 Desember dan Hari Kesetiakawanan Sosial pada 20 Desember.

Adapun bantuan yang disalurkan tersebut di antaranya kursi roda, tongkat adaptif, alat bantu dengar, kasur, nutrisi, dan sembako.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis mengatakan pihaknya terus mendorong Kemensos RI memperhatikan dan membantu masyarakat dengan kebutuhan khusus di Indonesia. “Semenjak Kemensos dipimpin oleh Buk Risma masyarakat merasakan pemerintah hadir. Oleh karena itu kami terus mendukung Kemensos dari segi anggaran maupun kebijakan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia mendorong pekerja sosial yang ada di daerah untuk terus melakukan pendataan terhadap warga kebutuhan khusus yang pelaporannya dapat dilakukan baik melalui Dinsos setempat maupun kepada pihaknya agar mendapatkan perhatian dan bantuan dari pemerintah.

Kepala Dinsos Kota Pariaman Muhamad Rum mengatakan bantuan yang diberikan dibutuhkan oleh warga berkebutuhan khusus di daerah itu sehingga diharapkan tidak saja mengurangi beban dalam memenuhi kebutuhan, namun juga mempermudah aktivitas sehari-hari.

“Pada tahun ini warga kebutuhan khusus di Pariaman juga mendapatkan bantuan dari Kemensos untuk 105 warga,” kata dia.

Namun, lanjutnya masih banyak warga membutuhkan karena jumlah warga berkebutuhan khusus di daerah itu mencapai sekitar 160 orang. “Karena itu kami meminta bantuan dari Kemensos dan John Kenedy Azis agar bantuan tersebut terus bergulir dan jumlahnya ditambah,” tambahnya. (rdr/ant)

Exit mobile version