Sedang dalam Perjalanan, Bolehkah Tinggalkan Shalat Jumat?

Ilustrasi shalat Jumat. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Jumhur ulama berpendapat bahwa hukum salat Jumat adalah wajib. Lantas, bagaimana dengan orang yang sedang dalam perjalanan atau safar?

Dalil tentang kewajiban salat Jumat termaktub dalam Al-Qur’an surah Al-Jumu’ah ayat 9. Allah SWT berfirman,

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Wahbah Az Zuhaili menerangkan dalam Kitab Fiqhul Islam wa Adillatuhu Juz 2, kewajiban salat Jumat juga mengacu pada hadits yang diriwayatkan dari Hafsah RA. Ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

“Pergi menunaikan salat Jumat wajib bagi semua laki-laki yang sudah balig.” (HR An-Nasa’i)

Disebutkan dalam buku Fikih Mazhab Syafi’i karya Abu Ahmad Najieh, kewajiban salat Jumat ini berlaku bagi seseorang yang sudah balig, berstatus merdeka, tidak ada uzur, dan menetap di suatu wilayah.

Uzur dalam hal ini adalah sakit yang menyebabkan seseorang tidak sanggup mendatangi masjid untuk salat Jumat atau karena ditahan oleh penguasa yang berwenang. Selain itu, bisa juga karena meninggalnya orang yang menjadi tanggung jawabnya baik dari kerabat maupun lainnya.

Menurut Muhammad Na’im Muhammad Hani Sa’i dalam Maausu’ah Masa ‘Il Al-Jumhur Fi Al-Fiqh Al-Islamiy, musafir tidak wajib salat Jumat. Ini merupakan pendapat mayoritas ulama.

Pendapat senada turut dikatakan Wahbah az-Zuhaili dalam kitab fikihnya. Ia mengatakan, ulama mazhab Syafi’i berpendapat, jika seorang musafir pergi sebelum waktu fajar, maka tidak ada kewajiban salat Jumat baginya. Namun, jika musafir berniat bermukim selama empat hari atau ia pergi pada waktu pagi di hari Jumat, maka ia tetap diwajibkan salat Jumat.

Dalam hal ini, menurut Sofyan dan Zulfitri Z. Suleman dalam buku Ragam Metode dan Pendekatan Perumusan Hukum Islam dari Klasik Hingga Kontemporer, orang yang sedang dalam perjalanan dan orang sakit mendapat keringanan dalam menjalankan agama.

Ia menjelaskan lebih lanjut, orang yang boleh meninggalkan salat Jumat karena dalam perjalanan diperkenankan untuk menggantinya dengan salat zuhur.

“Orang dalam perjalanan dan orang sakit diberi dispensasi dalam menjalankan ajaran agama. Orang dalam perjalanan dibolehkan tidak berpuasa, tetapi menggantinya di hari lain, dibolehkan menjamak dan meng-qasar salat, dibolehkan meninggalkan salat Jumat, dan menggantinya dengan salat zuhur,” jelasnya.

Pendapat mengenai diperbolehkannya meninggalkan salat Jumat bagi orang yang sedang dalam perjalanan (al-safar) juga diutarakan oleh A. Djazuli dalam buku Kaidah-kaidah Fikih: Kaidah-kaidah Hukum Islam dalam Menyelesaikan Masalah-masalah yang Praktis. (rdr/detik.com)

Exit mobile version