Longsor, Akses Jalan Alternatif Pantai Air Manis-Teluk Bayur Terhambat

Petugas dari BPBD Kota Padang dan unsur kebencanaan membersihkan sisa material longsor yang terjadi di Jalan alternatif dari Air Manis menuju Teluk Bayur. (Foto: Dok. BPBD Kota Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hujan yang melanda Kota Padang dan sekitarnya sepanjang Sabtu malam hingga Minggu siang membuat tanah longsor di Jalan Baru Nipah Teluk Bayur, Kelurahan Air Manis, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang pada Minggu (11/12/2022) siang. “Material longsoran mengakibatkan terhambatnya akses jalan masyarakat,” kata Kepala BPBD Kota Padang Endrizal.

Endrizal mengatakan, longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi sepanjang beberapa hari terakhir di Kota Padang. “Di lokasi kejadian, material tanah turun dengan perkiraan luas 15 meter dengan ketinggian 1 hingga 2 meter,” katanya.

Meski tak ada korban jiwa, akibat kejadian tersebut akses masyarakat yang hendak menuju Air Manis ke Teluk Bayur dan sebaliknya menjadi terhambat. “Kami fokus membersihkan sisa material agar bisa dilewati oleh kendaraan roda dua terlebih dahulu, sisanya dilanjutkan oleh instansi terkait, seperti dinas PUPR,” ujarnya.

Endrizal mengimbau kepada masyarakat yang melintasi kawasan perbukitan agar berhati-hati karena cuaca yang cenderung labil beberapa waktu belakangan ini. “Kesadaran masyarakat sangat dibutuhkan pada saat-saat seperti ini, kami imbau agar tetap berhati-hati,” imbuhnya. (rdr-008)

Exit mobile version