OTT di Surabaya, KPK Tangkap 4 Orang Termasuk Wakil Ketua DPRD Jatim

Ruang kerja Sahat Tua Simanjuntak Wakil Ketua DPRD Jatim, yang disegel KPK, Kamis (15/12/2022). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan kegiatan operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya tadi malam. Dalam OTT ini, KPK menangkap 4 orang, termasuk salah satunya adalah Pimpinan DPRD Jatim.

“Terkait dugaan tindak pidana korupsi suap pengurusan alokasi dana hibah bersumber dari APBD Jatim, sejauh ini ada 4 orang yang sudah ditangkap,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Ali membenarkan bahwa salah satu pihak yang tertangkap itu adalah Pimpinan DPRD Jawa Timur. Selain itu, KPK turut memboyong 3 pihak lain yang merupakan staf ahli DPRD dan pihak swasta. “Benar salah satunya pimpinan DPRD Jatim. Selain itu ada 3 orang lainnya yang turut pula diamankan terdiri staf ahli di DPRD dan swasta,” ujar Ali.

Ali memastikan KPK bakal terus menyampaikan perkembangan perkara ini lebih lanjut. Usai melakukan OTT, KPK memiliki waktu 1×24 jam untuk menetapkan siapa saja pihak yang bakal menjadi tersangka. Kemudian, pihak tersebut beserta konstruksi perkaranya akan diumumkan KPK lewat konferensi pers resmi di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

Wakil Ketua DPRD Jatim Kena OTT Suap Dana Hibah

Diketahui, KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Wakil Ketua DPRD Jawa Timur (Jatim), Sahat Tua Simanjuntak (STS). Dia terjerat OTT atas dugaan korupsi dana hibah ke kelompok masyarakat.

“Betul pada hari Rabu tanggal 14 Desember 2022 jam 20.24 WIB, KPK melakukan tangkap tangan dugaan korupsi terkait dengan dana hibah ke kelompok masyarakat. Dalam giat tangkap tangan tersebut terdapat Wakil Ketua DPRD Jatim, STS dan beberapa orang pihak lain,” kata Ketua KPK Firli Bahuri kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Sahat Tua terkena OTT KPK bersama sejumlah pihak lain, tapi Firli belum mengungkap pihak-pihak lain yang ditangkap KPK itu. Selain mengamankan sejumlah pihak, KPK juga turut menyita sejumlah uang tunai. “KPK juga menyita uang tunai. KPK masih bekerja dan hasilnya tentu akan disampaikan saat konferensi press,” ucap Firli.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT di Surabaya, Jawa Timur. Dalam OTT itu, KPK mengamankan sejumlah pihak. “Benar, tadi malam, KPK lakukan tindakan tangkap tangan terhadap beberapa pihak di Surabaya Jatim,” kata Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Kamis (15/12/2022).

Ali mengatakan saat ini tim KPK masih terus mengumpulkan bahan keterangan dari pihak-pihak yang diamankan. “Setelahnya pasti kami sampaikan lengkap hasil kegiatan tersebut sebagai bagian keterbukaan informasi KPK kepada masyarakat,” ucapnya. (rdr/detik.com)

Exit mobile version