Ban Truk Tronton Terbakar di Panorama 1, Diduga dari Rem

Ada anggota PKJR (Pos Kamling Jalan Raya) yang berada di sekitar lokasi dengan sigap memadamkan api tersebut.

Kawasan Panorama 1 Sitinjau Lauik. (Foto: Dok. Istimewa)

Kawasan Panorama 1 Sitinjau Lauik. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Satu unit truk tronton pengangkut alat berat terbakar bannya di penurunan Panorama 1 Sitinjau Lauik, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Kamis (15/12/2022). Beruntung, kejadian itu cepat diatasi dan api tak sempat membakar truk tersebut.

Informasi yang dihimpun Radarsumbar.com, saat ban tersebut terbakar, ada anggota PKJR (Pos Kamling Jalan Raya) yang berada di sekitar lokasi dengan sigap memadamkan api tersebut. Sontak, aksi petugas PKJR itu menjadi tontonan pengguna jalan lainnya.

Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon menjelaskan, diduga kuat kebakaran ban tersebut berasal dari rem truk yang tidak kuat menahan beban saat menurun di kawasan Panorama 1 tersebut. Beruntung tim PKJR di lokasi tu sigap dan langsung memadamkan api.

“Kejadian itu terjadi pada Kamis (15/11/2022) di Panorama 1. Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu,” ungkapnya.

Dikatakan Kapolsek, truk pengangkut alat berat tersebut datang dari arah Solok menuju Padang. Sesampainya di penurunan Panorama 1, ban sebelah kiri truk tronton tersebut mengeluarkan api dan membuat sang sopir langsung membanting stir ke kiri hingga truk berhenti.

Saat kejadian itu, para petugas PKJR yang kerap standby di kawasan itu dan selalu membantu kerja Polsek Lubuk Kilangan langsung sigap memadamkan api. Api berhasil dipadamkan, kalau tidak cepat mungkin mobil sudah melaju kencang.

“Kami mengimbau kepada sopir truk untuk berhati-hati dan jaga keselamatan di jalan. Seandainya kendaraan tidak bisa melewati jalur Sitinjau Lauik, carilah tempat istirahat dan perbaiki mobil. Ingat anak dan istri anda menunggu di rumah,” ujar Kapolsek.

Sementara itu, Ucok (36), salah seorang anggota PKJR Indarung membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, ada satu unit truk tronton yang membawa alat berat menurun di Panorama 1. Tiba-tiba, dari bagian ban terlihat ada api dan membesar.

“Kita beritahu sopirnya, langsung mobil berhenti dan kita tolong. Kalau tidak ada yang lihat tadi, kita tak tahu apa yang terjadi. Untung saja, cepat diketahui,” tutup Ucok. (rdr-007)

Exit mobile version