Cegah Informasi Hoaks jelang Pemilu 2024, KPU Padang Bentuk Bakohumas

Peluncuran Bakohumas KPU di Kota Padang. (Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membentuk Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) jelang Pemilu 2024 mendatang. Pembentukan Bakohumas ini dilakukan di seluruh KPU hingga tingkat kabupaten dan kota, termasuk Kota Padang.

Ketua KPU Kota Padang, Riki Eka Putra mengatakan, penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 memakan waktu panjang.

Salah satu tantangan dalam sosialisasi yakni mencegah informasi yang tidak benar atau informasi hoaks beredar terlebih dahulu atau beredar secara sistematis. “Karena durasinya yang panjang tentu harus dikelola dengan efektif, terutama terkait penyebarluasan informasi yang benar ke masyarakat,” kata Riki kepada awak media di Padang, Kamis (15/12/2022) malam.

Pembentukan Bakohumas tersebut, katanya, dinilai ampuh dalam penyebarluasan informasi Pemilu menjadi lebih tepat. “Kemudian kontennya lebih benar dan sampai kepada masyarakat lebih efektif,” katanya.

Bakohumas, sambung Riki, juga bisa menjadi sarana komunikasi serta kolaborasi antara KPU dengan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam merangkum data yang diperlukan.

“Dengan adanya Bakohumas, tim masing-masing instansi ini bisa berkolaborasi, lebih kuat dia, bahwa jika ada koordinasi yang kurang, bisa jadi saja kalau mengacu hasil evaluasi pada tahapan pemilu sebelumnya, ada beberapa sektor yang kurang terjangkau oleh tangan KPU, harapannya Bakohumas bisa menutupi itu,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version