Bersama Andre Rosiade, Erick Thohir akan Tinjau Sitinjau Lauik

Bersama Andre Rosiade, Erick Thohir akan melihat kesiapan rencana pembangunan flyover Sitinjau Lauik yang sudah digadang oleh anggota Komisi VI DPR RI tersebut sejak lama.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade bersama Menteri BUMN Erick Thohir dalam suatu kesempatan. Keduanya berencana akan mengecek kawasan Sitinjau Lauik. (Istimewa)

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade bersama Menteri BUMN Erick Thohir dalam suatu kesempatan. Keduanya berencana akan mengecek kawasan Sitinjau Lauik. (Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Menteri BUMN, Erick Thohir berencana akan mengunjungi kawasan Sitinjau Lauik pada Selasa (20/12/2022) mendatang. Kunjungan ke jalur ekstrem itu adalah dilakukan dalam perjalanan menuju ke Sawahlunto.

Bersama Andre Rosiade, Erick Thohir akan melihat kesiapan rencana pembangunan flyover Sitinjau Lauik yang sudah digadang oleh anggota Komisi VI DPR RI tersebut sejak lama. Skema pembangunan melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU) ini diharapkan bisa dimulai di 2023.

“Saya sebagai anggota DPR RI mewakili masyarakat Sumbar mengucapkan terimakasih atas bantuannya untuk Sumatera Barat terhadap pembangunan flyover Sitinjau Laut dengan metode KPBU dengan Kementerian PUPR,” kata Andre Rosiade kepada Radarsumbar.com, Minggu (18/12/2022).

Kementerian PUPR sendiri mendukung rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik untuk mengurangi terjadinya kecelakaan. Skema pembangunan yang saat ini sedang dalam proses penelaahan adalah melalui Kerjasama Pemerintah dan Bahan Usaha (KPBU).

Untuk rencana Flyover Sitinjau Lauik ini, pada tahap pertama untuk kawasan Panorama I, perkiraan dananya Rp1,6 triliun. Proses review desain untuk Panorama I itu untuk exit dan entry-nya karena ada perubahan tikungan.

Setelah itu, Menteri BUMN juga akan direncanakan mampir ke Semen Padang FC dan menyapa pemain serta suporter bola kebanggaan masyarakat Sumatera Barat tersebut. Klub ini diproyeksi akan tembus ke liga 1 pada tahun depan.

Tidak itu saja, Menteri BUMN Erick Thohir dijadwalkan akan meresmikan reaktivikasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban, Selasa (20/12/2022). Jarak dari stasiun kereta api Sawahlunto ke Muaro Kalaban 4 Km, sepanjang 828 meter diantaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

Jalur ini dibangun 1892 dan sudah mati. Kini, diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang. Yang akan beroperasi di sana, disebut Mak Itam, loko tua yang bahan bakarnya dari batubara. (rdr)

Exit mobile version