Siaga SAR Khusus Nataru, 45 Personel SAR Mentawai Disebar

Basarnas mengerahkan kapal dan sejumlah peralatan pencarian atau pertolongan yang disiagakan di Dermaga Tua Pejat.

Persiapan personel siaga SAR Mentawai

Persiapan personel siaga SAR Mentawai

TUAPEJAT, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 45 personel SAR disebar di sejumlah titik perairan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal mengatakan, personel tersebut dikerahkan dalam operasi siaga SAR khusus menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

“Petugas tersebut nantinya akan memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang membutuhkan,” kata Akmal dihubungi Radarsumbar.com via seluler.

Ia mengatakan, Basarnas mengerahkan kapal dan sejumlah peralatan pencarian atau pertolongan yang disiagakan di Dermaga Tua Pejat.

“Kami juga berkoordinasi dengan instansi samping dalam hal ini, TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kesehatan dan unsur pendukung lainnya,” katanya.

Akmal mengatakan, pada Nataru kali ini lebih didominasi keberangkatan antar pulau. “Biasanya dari tahun ke tahun selalu begitu,” ujarnya.

Selain itu, kendala yang dihadapi Basarnas di Kepulauan Mentawai adalah jarak antar pulau, khususnya dari Tua Pejat ke Siberut dan Tua Pejat ke Sikakap yang cukup jauh.

“Mengingat kami belum ada Pos SAR, jika terjadi sesuatu maka kami berdayakan dulu unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) yang ada di kedua pulau tersebut,” imbuhnya.

Kabupaten Kepulauan Mentawai sendiri disebut sebagai kawasan ring of fire bencana dan memang harus menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Tidak itu saja, potensi bencana yang banyak terjadi di Mentawai juga harus mampu meningkatkan kewaspadaan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. (rdr-008)

Exit mobile version