Viral Mural Wajah Mirip Jokowi dengan Tulisan 404 Not Found, Ini Artinya

Kode error 404 not found adalah istilah yang ada di bidang teknologi

Foto: Mural 'Jokowi 404: Not Found' terpampang di dinding di Tangerang (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Mural wajah yang mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditutupi tulisan 404 Not Found di Batuceper, Tangerang, ramai diperbincangkan di media sosial. Apa arti 404 Not Found?

Kode error 404 not found adalah istilah yang ada di bidang teknologi. Biasanya hal tersebut ditemukan saat pengguna tidak bisa menemukan sesuatu yang dicarinya. Misalnya, ketika pengguna mencari dengan mengetik sesuatu di internet, namun browser tidak menemukan sesuatu tersebut. Pada akhirnya, browser akan menampilkan kode error 404 not found.

Pakar media sosial dari Drone Emprit, Ismail Fahmi mengungkapkan, angka 404 itu muncul di layar komputer atau browser bila pencarian gagal menemui hasil.

Ia lantas menjelaskan sejarah dari kode error 404 not found tersebut. Berdasarkan informasi yang diterimanya, 404 tercipta di lantai 4 gedung CERN (Conseil Européen pour la Recherche Nucléaire/Dewan Eropa untuk Riset Nuklir), di Swiss. Di lantai 4 gedung CERN, ada ruangan bernama Room 404.

Di dalam Room 404, staf-staf ditugasi untuk mencari berkas-berkas. Hasil pencarian yang didapat staf akan dikirim lewat sistem informasi yang sudah sangat lazim digunakan saat ini, yakni world wide web (WWW). Adapun WWW sendiri ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada 1990.

Saat itu, bila staf-staf di Room 404 tidak menemukan berkas yang dicari, mereka akan berkirim pesan lewat WWW dengan menyampaikan keterangan bertuliskan ‘Room 404: File not found’.

“Ketika WWW (world wide web) digunakan makin luas, tidak hanya di lingkungan simulasi gedung CERN, protokol WWW tetap menggunakan 404 sebagai kode eror ketika halaman yang dicari di sebuah situs web tidak ditemukan,” kata Ismail Fahmi lewat akun Twitter-nya.

Tak sedikit yang menggunakan istilah kode error 404 not found tersebut, seperti salah satunya melalui mural wajah yang mirip Presiden Jokowi.

Saat ini mural tersebut sudah dihapus oleh pihak kepolisian dan dikabarkan aparat tengah mencari pembuat mural wajah mirip Jokowi 404 Not Found tersebut. Pencarian pembuat mural itu karena dianggap Presiden Jokowi sebagai lambang negara. (*)

Sumber: detik.com
Exit mobile version