Tiga Hari ke Depan, BMKG Ingatkan Potensi Hujan di Sejumlah Daerah di Sumbar

Ilustrasi pengendara motor berkendara di tengah hujan deras. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Selama tiga hari ke depan, cuaca di Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi cerah. Meski demikian, masyarakat di sejumlah daerah diminta mewaspadai hujan.

Kepala Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Kabupaten Padangpariaman, Sakimin mengatakan, secara umum Indonesia sudah masuk musim kemarau.

“Cuma identifikasinya itu kemarau basah, jadi memang kemarau tapi masih banyak hujan,” kata Sakimin, Selasa (27/12/2022).

Selain itu, kata Sakimin, juga terjadi perlambatan angin, khususnya di Pulau Sumatera.

“Angin rata-rata di Indonesia lebih banyak di Sumatera bagian Barat umumnya, sehingga awan-awan hujan masif juga,” katanya.

Sakimin menjelaskan, hujan tersebut tidak merata terjadi karena sedang berada di musim kemarau.

“Ada (daerah) terdampak hujan dan ada yang normal masuk musim kemarau. Secara keseluruhan sebagian besar masih hujan,” kata Sakimin.

Sakimin mengimbau kepada masyarakat harus tetap waspada. Meski masuk musim kemarau, namun kemarau yang teridentifikasi masuk kategori basah.

“Masyarakat di daerah berpotensi banjir dengan hujan deras dan durasi lama, perhatikan terus informasi terkini dari BMKG. Kepada nelayan, juga selalu perbaharui infomasi dari BMKG,” imbuhnya. (rdr-008) 

Berikut prakiraan cuaca Sumbar selama tiga hari ke depan:

1. Tanggal 27 Desember 2022

Pagi: Cerah-Cerah berawan.

Siang-Sore: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan sedang hingga deras di Pasaman dan Limapuluh Kota. Potensi hujan ringan di Payakumbuh dan Bukittinggi.

Malam: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sijunjung dan Dharmasraya.

Dini hari: Cerah-Cerah berawan.

Suhu udara: 16 hingga 32 derajat celcius

Kelembaban udara: 60 hingga 98 persen

Kecepatan angin: Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang sesaat pada siang dan sore hari di Pasaman, Limapuluh Kota dan sekitarnya.

2. Tanggal 28 Desember 2022

Pagi: Cerah berawan-Berawan.

Siang-Sore: Cerah-Cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasaman Barat (Pasbar), Bukittinggi, Pasaman, Limapuluh Kota, Payakumbuh dan Dharmasraya.

Malam: Cerah-Cerah berawan. Potensi hujan ringan di Kabupaten Solok, Solok Selatan (Solsel) dan Dharmasraya.

Dini hari: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai.

Suhu udara: 16 hingga 31 derajat celcius

Kelembaban udara: 55 hingga 95 persen

Kecepatan angin: Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam

Peringatan dini: Nihil.

3. Tanggal 29 Desember 2022

Pagi: Cerah-Cerah berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Kepulauan Mentawai.

Siang-Sore: Cerah berawan-Berawan.Potensi hujan sedang hingga deras di Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pesisir Selatan (Pessel), Pasaman. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasbar, Agam, Tanah Datar, Padang Panjang, Limapuluh Kota, Payakumbuh, Sawahlunto, Kabupaten Solok, Solsel, Sijunjung dan Dharmasraya.

Malam: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasbar, Agam, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, dan Pessel.

Dini hari: Cerah berawan-Berawan. Potensi hujan sedang hingga deras di Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, dan Pessel. Potensi hujan ringan hingga sedang di Pasbar, Agam dan Padang Panjang.

Suhu udara: 16 hingga 31 derajat celcius

Kelembaban udara: 65 hingga 98 persen

Kecepatan angin: Dari Barat hingga Barat Laut dengan kecepatan 5 hingga 25 kilometer per jam

Peringatan dini: Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang pada siang hingga sore hari di Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Pessel, Pasaman, Pasbar dan sekitarnya. (Sumber: BMKG)

Exit mobile version