Bagaimana Nasib PPKM Tahun Depan? Besok Diumumkan Presiden

Presiden Jokowi. (screecshot YouTube Setpres)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan nasib Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akan diumumkan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat besok (30/12/2022).

“Ada update (PPKM), Pak Presiden akan press conference hari Jumat. Jadi sama saya juga nanti,” kata Budi di RSAB Harapan Kita, Jakarta Barat, Kamis (29/12).

Mengenai wacana penghapusan pembiayaan Covid-19 pada 2023 mendatang, Budi mengatakan belum ada keputusan final.

“Jadi itu belum confirmed. Itu juga belum dibahas yang vaksin berbayar (pada 2023), jadi sampai sekarang vaksin masih gratis, yuk cepat-cepat,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyatakan kemungkinan kebijakan PPKM di Indonesia disetop total pada awal Januari 2023 mendatang.

Kendati demikian, Mahfud belum menjelaskan pertimbangan dan kajian yang melatarbelakangi PPKM disetop. Dia menyampaikan itu tak lama setelah Presiden Jokowi terlebih dahulu memberikan sinyal menghentikan PPKM di Indonesia.

Jokowi menyebut pertimbangan untuk menghentikan PPKM itu dilakukan mengingat jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun. Saat ini, PPKM masih berlaku Level 1 di seluruh Indonesia hingga 9 Januari 2023. (rdr/cnnindonesia.com)

Exit mobile version