WhatsApp Luncurkan 5 Fitur Baru untuk Pengguna Andorid dan IOS, Apa Saja

WhatsApp juga menambahkan layar info panggilan baru untuk menunjukkan siapa yang sudah menelepon

ilustrasi WhatsApp. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – WhatsApp beberapa bulan terakhir ini merilis berbagai fitur baru yang semuanya paling ditungggu pengguna. Berikut pembaruan dan peningkatan terbaru anak usaha Facebook itu yang dinanti-nanti pengguna ponsel Android dan iOS.

Panggilan yang bisa digabung
Pada akhir Juli 2021, WhatsApp memberikan tambahan yang sangat berguna untuk panggilan video dan suara yang memungkinkan pengguna langsung mengobrol begitu panggilan dimulai. Orang yang melewatkan awal percakapan video grup dapat bergabung kapan saja selama panggilan atau bahkan menutupnya dan kembali kapan pun mereka mau.

Sebelumnya, panggilan tidak bisa dilakukan jika ada seseorang yang ingin tersambung di tengah-tengah obrolan. Mereka harus kembali melakukan panggilan baru yang dirasa cukup merepotkan.

WhatsApp juga menambahkan layar info panggilan baru untuk menunjukkan siapa yang sudah menelepon dan siapa yang diundang tetapi belum bergabung. Siapa pun yang menekan tombol abaikan saat panggilan dimulai nantinya bisa bergabung dari tab panggilan di platform paling mendunia itu.

Smart Switch
Pernah frustrasi saat upgrade ponsel karena sulitnya beralih antara Android dan iOS? Nah, WhatsApp baru saja mengumumkan fitur baru untuk memuluskan jalan pengguna yang ingin melakukan transfer antar sistem. Sebelumnya, tidak ada cara untuk memindahkan riwayat obrolan dari satu sistem ke sistem lainnya.

Riwayat obrolan, data, dan foto yang sudah dikumpulkan selama bertahun-tahun bisa hilang. Fitur Smart Switch memulai debutnya untuk memberi pengguna cara sederhana membuat cadangan riwayat obrolan dan file lalu mentransfernya ke telepon baru.

Fitur ini akan datang ke semua ponsel Samsung yang menjalankan Android 10 atau lebih tinggi dalam beberapa minggu ke depan, diikuti oleh semua ponsel berbasis Android dan iOS.

Dukungan multi-perangkat
Fitur ini pada akhirnya membuat pengguna bisa menggunakan platform di perangkat lain tanpa harus menggunakan ponsel. Sebelumnya, meskipun pengguna menggunakan WhatsApp di PC, mereka harus menjaga koneksi ponsel tetap aktif. Jadi, tidak akan berfungsi jika ponsel hilang atau kehabisan daya.

Saat ini pengguna dapat menggunakan WhatsApp hingga empat perangkat sekaligus. Pengguna tidak perlu memiliki koneksi telepon. Mereka juga dapat memulai dan menjawab panggilan dari perangkat apa pun. Perusahaan mengatakan penundaan peluncuran fitur itu untuk memastikan semuanya tetap aman dan terenkripsi saat berpindah perangkat.

Pesan menghilang
Snapchat adalah platform pertama yang memperkenalkan foto dan video yang hanya dapat dilihat sekali sebelum menghilang. Sekarang, WhatsApp telah mengadopsi fitur tersebut dengan opsi ‘Lihat Sekali’.

Foto dan video yang dikirim menggunakan fitur ini akan langsung dihapus setelah dibuka dan dilihat. WhatsApp mengatakan fitur itu akan berguna untuk mengirim informasi sementara seperti kata sandi.

Untuk menggunakan fitur ini, kirim gambar atau video seperti biasa. Kemudian ketuk tombol ‘1’ di sudut kanan bawah untuk mengaktifkan mode Lihat Sekali, seperti dikutip dari situs Express, Senin, 16 Agustus 2021.

Pembaruan obrolan yang diarsipkan
Fitur anyar lainnya adalah pesan yang diarsipkan. Sebelumnya pengguna dapat memilih untuk menyembunyikan obrolan dengan grup atau individu dari layar percakapan utama.

Tapi, setiap kali seseorang membalas percakapan yang diarsipkan, percakapan itu akan langsung muncul kembali. Ini tidak ideal jika pengguna benar-benar berusaha menghindari kontak yang menjengkelkan.

Dengan pembaruan baru ini obrolan yang diarsipkan akan tetap tersimpan dengan aman di folder mereka sendiri, bahkan jika seseorang mengirim pesan baru. Sangat mudah untuk membawa mereka kembali ke layar obrolan utama melalui menu Pengaturan. (*)

Sumber: viva.co.id
Exit mobile version