Dari Satu Lapangan untuk Berbagai Macam Kegiatan Olahraga

Lapangan Olahraga. Gambar: Youtube.com

RADARSUMBAR.COM – Kebutuhan akan kegiatan olahraga tidak dapat dihindarkan pada masing-masing individu, terlebih dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh. Untuk melakukan beberapa kegiatan olahraga sekaligus, diperlukan adanya lapangan multifungsi. Dengan tujuannya adalah untuk keperluan berbagai jenis olahraga dalam satu lapangan.

Dengan demikian, berbagai olahraga, seperti tenis, basket, dan badminton dapat menjadi pilihan. Ide pembangunan lapangan ini bisa terjadi karena ketiga jenis olahraga tersebut untuk membangun lapangannya membutuhkan biaya yang besar.

Lapangan Multifungsi untuk Berbagai Kegiatan Olahraga

Dengan membangun lapangan olahraga multifungsi, Anda bisa menghemat biaya pembuatan lapangan itu sendiri. Lapangan serbaguna ini bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin membangun lapangan untuk olahraga, tetapi memiliki lahan yang terbatas.

Sama seperti namanya, lapangan ini merupakan lapangan yang bisa digunakan untuk berbagai macam olahraga. Sehingga hal ini dapat membuat Anda memaksimalkan lahan yang ada.

Pada lapangan ini, Anda dapat menyelaraskan ukuran lapangan berdasarkan olahraga apa yang akan dilakukan. Biasanya, lapangan ini didesain dan dibangun agar bisa dipakai untuk olahraga, badminton, futsal. voli, hingga basket.

Untuk membedakan satu olahraga dengan yang lainnya, marka pada lapangan akan dibuat dengan warna yang berbeda. Hal ini bertujuan agar memudahkan pengguna lapangan untuk melakukan olahraga.

Jenis Lapangan Multifungsi

Lapangan serbaguna ini memiliki beberapa jenis, berikut ini beberapa jenisnya.

Lapangan Berbasis Rubber 

Lapangan ini memiliki nama populer yakni Herculan MF yang bermakna multifungsi. Lapangan ini cocok untuk olahraga bulutangkis, basket, dan voli. Komposisi lapangannya terdiri dari rubber mat yang memiliki ketebalan beragam, pada bagian atasnya terdapat pore filler. Kemudian ada self leveling untuk membuat permukaan lapangan rata dan ditutup dengan lapisan top coat berbahan polyurethane.

Lapangan Berbasis Akrilik 

Lapangan yang saat ini bisa digunakan untuk olahraga basket, bulutangkis, dan juga tenis. Jika dilihat dari segi biaya, lapangan ini termasuk yang cukup terjangkau. Menggunakan bahan dasar akrilik dan pasir silika sebagai lapisan awal dan tahapan terakhir pada lapisan finishing course. Lapisan ini bertugas untuk memberikan warna yang awet dan tahan terhadap perubahan cuaca.

Interlock system 

Lapangan ini menggunakan sistem interlock dengan desain menyerupai puzzle sehingga bisa dibongkar-pasang. Sistem ini memudahkan Anda dalam proses perakitan serta penyimpanan saat tidak digunakan. Lapangan ini terbuat dari plastik polypropylene yang kuat serta tahan lama. Berikut ini tips-tips dalam pembuatan lapangan multifungsi.

1.      Memastikan Buat Perencanaan yang Matang

Untuk bisa menghemat pengeluaran dalam pembangunan lapangan serbaguna adalah dengan melakukan perencanaan yang matang. Dengan perencanaan yang matang dapat mencangkup perhitungan yang jelas dalam pembangunan lapangan.

Perhatikan detail dengan baik agar bisa mendapatkan perhitungan yang teliti. Pastikan semua kebutuhan untuk tujuan dari lapangan ini dapat tercover secara keseluruhan dengan biaya sedikit dan hasil memuaskan.

2.      Melakukan Pembangunan di Waktu Tepat

Anda juga bisa memperhatikan waktu pembangunan yang tepat agar pembangunan tersebut tidak terkendala dan tidak memakan biaya yang besar. Ada baiknya untuk tidak memulai pembangunan di saat musim hujan mulai tiba. Selain itu, tidak pula membangun lapangan serbaguna saat mendekati hari raya, karena proses pembangunan bisa menjadi tidak berjalan lancar mengingat jeda waktu cukup panjang.

3.      Mempertimbangkan Harga Bahan Bangunan

Untuk mendapatkan tujuan biaya pembangunan lapangan serbaguna, Anda juga bisa memilih bahan banguanan sesuai dengan anggaran yang ada. Untuk Anda yang ingin menghemat biaya bisa dengan memilih harga bahan bangunan harga standard. Pastikan untuk memperhatikan kualitas dari bahan yang terbaik sudah dipilih.

4.      Cermat Memilih Kontraktor

Untuk mendapatkan lapangan yang berkualitas, haruslah memilih kontraktor yang terpercaya. Jangan sampai Anda salah dalam memilih dan berakhir dengan kerugian atau kekecewaan. Anda bisa mencari referensi dari berbagai sumber untuk mendapatkan kontraktor yang terpercaya dan berpengalaman.

5.      Menentukan Desain Terbaik

Untuk mewujudkan lapangan multifungsi, Anda bisa mencoba untuk menentukan desain yang menjadi tonggak perencanaan pembangunan dan perhitungan biaya. Pastikan juga untuk membuat desain yang sebaik mungkin untuk memaksimalkan fungsi lapangan dapat digunakan dalam 3 aktivitas olahraga secara bergantian.

Itulah beberapa tips dalam pembangunan lapangan multifungsi yang terbaik. Anda juga bisa mengkonsultasikan kepada pihak kontraktor sehingga dapat membantu mewujudkan keinginan Anda.

Exit mobile version