Basarnas Utus ‘Pasukan Elite’ Bantu Korban Gempa Turki

Personel yang terlibat sebanyak 47 orang, terdiri dari 42 anggota Basarnas, 4 anggota K-9 Polri, dan 1 anggota medis dari RS Cipto Mangunkusumo.

Kepala Basarnas, Marsdya Henri Alfiadi. (Foto: Dok. Basarnas)

Kepala Basarnas, Marsdya Henri Alfiadi. (Foto: Dok. Basarnas)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Basarnas mengutus 47 anggota terbaiknya dalam misi kemanusiaan membantu korban terdampak gempa bumi (lindu) di Turki.

Rincinya, personel yang terlibat sebanyak 47 orang, terdiri dari 42 anggota Basarnas, 4 anggota K-9 Polri, dan 1 anggota medis dari RS Cipto Mangunkusumo.

Informasinya, 47 personil yang diberangkatkan tersebut telah lulus dalam penilaian International Search and Rescue Advisory Group atau INSARAG Eksternal Clasification (IEC) sebagai tim urban SAR Medium Class.

“Mereka telah bersertifikat internasional dan kapabel untuk memberikan bantuan di bidang SAR di negara lain yang membutuhkan bantuan Urban SAR (USAR),” kata Kepala Basarnas, Marsdya Henri Alfiadi, Jumat (10/2/2023).

Tim Inasar yang dikirim ke Turki membawa berbagai peralatan urban SAR seperti ekstrikasi, search cam, dan sejenisnya.

Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitud0 7,8 mengguncang negara Distrik Pazarcik, Kahramanras, Turki pada Senin (6/2/2023).

Gempa yang terjadi pada malam hari itu berdampak di 10 provinsi, yaitu Matalya, Hatay, Kahramanras, Adiyaman. Osmaniye, Diyarbakir, Sanliurfa, Gaziantep, Kilis, dan Adana.

Gempa tersebut jug mengakibatkan belasan ribu korban jiwa meninggal dunia dan puluhan ribu mengalami luka-luka. Kawasan terparah berada di Adana, Gaziantep dan Kahramanras. (rdr-008)

Exit mobile version