Dimakamkan di Kalibata, Almarhum Azwar Anas Pernah Minta Dikuburkan di TMP Kusuma Negara Padang

Setelah kami masuk, beliau menunjukkan salah satu tempat di lahan pemakaman untuk beliau nanti

Foto dan jasad almarhum Gubernur Sumbar era 1980-an, Letjen TNI (Purn) Azwar Anas. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) era 1980-an, Letjen TNI (Purn) Azwar Anas telah wafat pada Minggu (6/3/2023) dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Senin (7/3/2023).

Jauh sebelum dimakamkan di TMP Kalibata, pensiunan tentara yang pernah beberapa kali menjadi menteri di era Orde Baru tersebut bahkan pernah meminta dikuburkan di TMP Kusuma Negara, Lolong, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang pada tahun 2008 silam.

“Saya diminta beliau untuk bertemu di sana (TMP Kusuma Negara) dan meminta melihat langsung di mana ia dimakamkan nanti,” kata Wali Kota Padang periode 2004-2014, Fauzi Bahar, Senin (6/3/2023).

Saat sampai di TMP Kusuma Negara, Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) itu diminta almarhum Azwar Anas menghubungi penjaga makam untuk membuka gerbang TMP.

“Setelah kami masuk, beliau menunjukkan salah satu tempat di lahan pemakaman untuk beliau nanti,” katanya.

Azwar Anas merupakan tokoh Minangkabau yang persis menjiwai falsafah yang ada, yakni tigo tungku sajarangan dan ketiga sifat tersebut dalam falsafah tersebut ada pada dirinya.

Sebagaimana diketahui, Azwar Anas meninggal dunia pada Minggu (5/3/2023) sekitar pukul 11.40 WIB.

Sebelum tutup usia, Azwar Anas sempat menjalani perawatan selama kurang lebih tiga bulan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Dalam rentang waktu itu, sejumlah tokoh penting datang silih berganti membezuk Azwar Anas, seperti Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade. (rdr-008)

Exit mobile version