Kim Jong Un Muncul Rayakan Hari Pemuda, Postur Badannya jadi Perhatian

Bentuk tulang wajah Kim sangat terlihat, terutama di sekitar dagu yang biasanya tertutup lipatan lemak enam bulan lalu

Kim Jong Un kembali muncul ke publik, perawakannya kini lebih kurus. (via REUTERS/KCNA)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, kembali muncul di publik dan tampak kurus di Hari Pemuda negara itu, Senin (30/8). Kulitnya tampak mengendur dan jaket yang digunakan terlihat longgar.

Bentuk tulang wajah Kim sangat terlihat, terutama di sekitar dagu yang biasanya tertutup lipatan lemak enam bulan lalu. Pria 37 tahun itu, juga mengenakan jaket putih yang menunjukkan ada ruang kosong antara leher dan kerahnya. Lipatan-lipatan di bagian perut yang biasanya terlihat kencang tak begitu tampak.

Reuters melaporkan, Kim tampil di media TV pemerintah untuk merayakan peringatan hari Pemuda Korea Utara. Ia terlihat berjalan di depan ratusan anak-anak sekolah yang memenuhi tribun. Saat Kim melambaikan tangan dan tersenyum, anak-anak perempuan terlihat menangis, sementara yang laki-laki bertepuk tangan dengan antusias. Mereka juga meneriakkan “Kim Jong Un.”

Dalam perayaan itu, Kim juga berfoto dengan ribuan pemuda Korea Utara. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan saat ia ada di acara lain, tak foto bersama. Kim mengungkapkan keprihatinan atas pemuda yang tidak puas dan terpengaruh budaya dari asing, demikian menurut media pemerintah Korut, KCNA, dalam surat yang diterbitkan untuk Hari Pemuda.

Kim juga berterima kasih kepada para pemuda muda yang setia kepada partai dan mendorong generasi muda untuk menjadi “penerus yang dapat diandalkan” partai. “Kondisi ideologis dan mental anak muda kita sangat baik karena mereka selalu menanggapi panggilan negara dengan kesetiaan yang kuat,” kata Kim, dikutip dari NK News, Senin (30/8).

Spekulasi mengenai kesehatan Kim memaksa pemerintah melarang gosip mengenai berat badannya dan dianggap sebagai ‘tindakan reaksioner.’ Isu itu berhembus setelah foto-foto yang menunjukkan perubahan dramatis yang diperkirakan Kim mengalami penurunan sekitar 44 pon atau 19.9 kilogram.

Menurut analisis situs pemantau kegiatan Korea Utara, 38 North, Kim diduga berhasil menurunkan berat badan dengan pengobatan atau melakukan bedah lambung. Ia juga diduga sengaja menurunkan berat badan demi menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Juli lalu, Kim Jong Un juga dikabarkan terlihat mengenakan perban di bagian belakang kepala. Hal ini menimbulkan teka-teki atas kesehatan pemimpin Korut itu. Perban itu terlihat dalam dua rekaman video berbeda saat Kim menghadiri kegiatan militer dan konferensi para veteran perang, Juni lalu. (*)

Sumber: cnnindonesia.com
Exit mobile version