Bantu Pelarian Komplotan Begal Wanita di Padang yang Viral, Tim Klewang juga Tangkap Pria Dewasa

"Mereka rencananya kabur ke Pekanbaru dengan menaiki travel dari Bukittinggi, tapi berhasil dibekuk sebelum berangkat"

Petugas Polresta Padang memeriksa para pelaku diduga kawanan begal pada Kamis (29/8) pagi. (ANTARA/Fathul Abdi)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Selain menangkap empat anggota komplotan pelaku begal yang aksinya viral di medsos, aparat kepolisian juga ikut mengamankan dua tersangka lainnya yang ikut berperan membantu aksi para pelaku dan rencana pelarian pelaku ke Pekanbaru.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Padang Kompol Rico Fernanda kepada radarsumbar.com, menjelaskan, Tim Klewang Polresta Padang juga menangkap dua orang lainnya saat menciduk para pelaku pembegalan tersebut di dua tempat berbeda.

Saat penangkapan yang dilakukan di Kota Bukittinggi, petugas membekuk tiga pelaku yaitu YO (16), VI (19), dan RE (17) di Terminal Aur Kuning, Kota Bukittinggi ketika mereka hendak melarikan diri ke daerah Pekanbaru.

“Mereka rencananya kabur ke Pekanbaru dengan menaiki travel dari Bukittinggi, tapi berhasil dibekuk sebelum berangkat,” katanya.

Tidak itu saja, sambung Rico, bersama ketiga remaja itu juga turut diamankan warga Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman berinisial D (32) yang diduga telah memberikan pertolongan jahat. Karena D diduga telah menampung ketiga pelaku saat lari dari Kota Padang, dan mengantarkannya ke Bukittinggi.

Lalu di Padang, petugas juga menangkap satu pelaku yakni Y (16) yang ikut langsung dalam rombongan saat melakukan aksi begal. Bersama Y juga diamankan G (18) yang mempunyai peran membuang sepuluh senjata tajam yang digunakan pelaku ke sungai.

Dari keterangan para pelaku diketahui bahwa komplotan yang diduga melakukan begal pada Minggu pagi terhadap seorang perempuan sebanyak 12 orang dengan jumlah sepeda motor 6 unit. Dari tangan pelaku polisi juga menyita dua bilah senjata tajam berupa satu parang, dan satu besi yang dibuat menyerupai celurit.

Rico menegaskan, perburuan terhadap pelaku begal dilakukan sebagai bentuk komitmen pihaknya untuk mengungkap kasus yang meresahkan masyarakat.

Buru Pelaku Lain
Rico mengatakan saat ini pihaknya masih memburu pelaku lain, termasuk pelaku utama yang terlihat di dalam video viral mengacungkan senjata tajam jenis klewang kepada korban lalu merampas gawai (smartphone) milik korban.

Sebelumnya, aksi begal yang terjadi di Jalan Kampung Nias V, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang pada Minggu (29/08/2021) ini viral setelah terekam kamera pengawas (CCTV). Dalam video itu tampak wanita yang menjadi korban sedang berjalan kaki seorang diri. Kemudian, datang segerombolan orang dengan mengendarai sepeda motor sekitar tujuh unit.

Mereka sempat melambat saat melintas di dekat korban. Salah seorang pelaku yang berboncengan tampak turun dan menghampiri korban. Pelaku ini memegang dua parang. Selanjutnya pelaku sempat mengancam korban, kemudian pergi. Kemudian kembali lagi ke arah korban untuk mengambil handphone yang dipegang. (rdr-007)

Exit mobile version