Kini Anda Tak Bisa Sembarangan Masuk Grup WhatsApp

Platform yang dimiliki Meta itu memperkenalkan 'Community', ruang online yang aman untuk mengobrol dengan banyak orang, pada akhir tahun 2022.

Ilustrasi WhatsApp. (net)

TEKNO, RADARSUMBAR.COM – WhatsApp pekan ini meluncurkan fitur baru yang membuat pengguna tak bisa sembarangan masuk grup. Admin diberikan kontrol penuh untuk menentukan siapa yang ‘pantas’ masuk sebagai anggota grup.

Platform yang dimiliki Meta itu memperkenalkan ‘Community’, ruang online yang aman untuk mengobrol dengan banyak orang, pada akhir tahun 2022. Awalnya, siapa pun dapat bergabung dalam obrolan menggunakan tautan undangan yang disediakan oleh anggota mana pun.

Namun, dalam pembaruan teranyar, kontrol sepenuhnya bakal diserahkan pada admin grup untuk mengizinkan orang lain masuk ke dalam diskusi atau tidak.

“Semakin banyak orang bergabung dengan komunitas, kami ingin memberi admin grup lebih banyak kontrol atas privasi grup mereka,” kata WhatsApp, dikutip dari PCMag, Sabtu (25/3/2023).

“Grup adalah tempat orang melakukan beberapa percakapan paling intim, dan penting bagi admin [dapat] dengan mudah memutuskan siapa yang boleh dan tidak boleh masuk.”

Untuk anggota grup, cukup sulit mengingat dari mana Anda bisa mengenal seseorang saat Anda bertemu langsung, apalagi saat berinteraksi online. Sehingga, aplikasi ingin membantu pengguna melacak teman baru.

“Baik Anda yang mencoba mengingat nama grup yang Anda bagikan dengan seseorang atau Anda ingin melihat grup tempat Anda berdua berada, kini dapat dengan mudah mencari nama kontak untuk melihat kesamaan grup Anda,” tulis WhatsApp.

Kedua fitur akan mulai diluncurkan secara global secara bertahap dalam beberapa minggu ke depan. Pengumuman ini mengikuti perubahan terkini lainnya, termasuk dukungan picture-in-picture untuk panggilan video dan pembaruan Status baru.

WhatsApp juga dilaporkan menguji fitur “Grup Kedaluwarsa” yang memungkinkan pengguna mengatur tanggal kedaluwarsa obrolan grup. (rdr)

Exit mobile version