Tips Bermanfaat Agar Tidak Cepat Menopause Dini

ilustrasi. freepik.com

RADARSUMBAR.COM – Menopause dini termasuk salah satu masalah kesehatan yang perlu diwaspadai dengan baik. Pada dasarnya, menopause dini adalah kondisi tubuh yang sudah tidak haid selama 12 bulan secara berturut-turut dengan usia masih di bawah 40 tahun. Kadar hormonnya juga sesuai keadaan menopause. Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut, sebenarnya ada banyak tips bermanfaat agar tidak cepat menopause dini.

Tips Agar Tidak Cepat Menopause Dini

Penting untuk Anda pahami bahwa wanita yang menopause dini lebih rentan terserang berbagai masalah penyakit. Beberapa diantaranya yaitu masalah kardiovaskular dan osteoporosis.

Mengetahui hal tersebut, sudah seharusnya berupaya semaksimal mungkin agar tidak mengalami menopause dini. Oleh karena itu, pastikan untuk mengetahui sekaligus mempraktikkan beberapa tips bermanfaat berikut ini. Pastikan Anda menyimaknya baik-baik sehingga tak ada satu poin pun yang terlewatkan.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Meski merokok identik dengan kaum pria, namun ada pula wanita yang memiliki kebiasaan merokok. Jika Anda juga demikian, pastikan untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

Bukan tanpa alasan. Merokok merupakan salah satu pemicu menopause dini. Hal ini karena di dalam rokok terdapat zat kimia seperti sianida, nikotin, dan karbon monoksida.

Zat-zat kimia tersebut bisa meningkatkan risiko hilangnya sel telur. Karena hal tersebut, maka wanita tak bisa melakukan regenerasi. Apabila kita bandingkan, wanita yang memiliki kebiasaan merokok bisa 4 tahun lebih cepat mengalami menopause dini daripada wanita bukan perokok.

Konsumsi Kalsium dan Vitamin D

Tips agar tidak cepat menopause dini berikutnya yaitu dengan memperbanyak konsumsi kalsium dan vitamin D. Hal ini karena kandungan tersebut ampuh dalam menjaga kepadatan tulang. Alhasil, menopause dini atau berhentinya siklus menstruasi bisa dicegah dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat dari kalsium dan vitamin D, Anda bisa konsumsi susu secara rutin. Kemudian lanjutkan dengan berjemur di pagi hari untuk mendapatkan vitamin D. Selain bisa mencegah menopause dini, kandungan ini juga bermanfaat untuk membuat wanita terlihat awet muda.

Konsumsi Kacang-Kacangan

Cara mencegah menopause dini selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi kacang-kacangan. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam kacang-kacangan ada kandungan protein yang berperan penting untuk memproduksi hormon estrogen.

Semakin banyak hormon estrogen di dalam tubuh wanita, maka kian baik pula bagi kesuburannya. Siklus haid pun bisa berjalan lancar sehingga memperlambat menopause dini.

Adapun beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi agar tidak cepat menopause dini yaitu kacang hijau, kacang hitam, kacang merah, kacang panjang, kacang tanah, kacang kedelai, hingga kacang polong.

Jangan Berlebihan Saat Olahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan, namun jangan berlebihan karena bisa menyebabkan menopause dini. Pasalnya, olahraga yang dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

Hormon yang tidak seimbang bisa memicu ovulasi tidak teratur. Jika sudah demikian, maka wanita bisa merasakan kekurangan hormon. Berbeda halnya apabila Anda melakukan olahraga secara rutin dan secukupnya.

Olahraga yang dilakukan secara tepat, bermanfaat dalam mengatur keseimbangan hormon. Kadar lemak yang ada di tubuh juga bisa terjaga dengan baik. Oleh karena itu, hanya karena ingin terhindar dari menopause dini, jangan sampai Anda terus-terusan berolahraga tiada henti.

Dari review di atas, Anda bisa mengetahui apa saja tips bermanfaat agar tidak cepat menopause dini. Pastikan Anda tidak hanya mengetahuinya saja, melainkan juga mempraktikkannya. Pada dasarnya, Anda tak hanya bisa mencegah masalah kesehatan, melainkan juga berupaya merawat kecantikan. Untuk tips-tips menarik lainnya bisa kalian cari di Lagi-Viral.com.

Exit mobile version