Longsor di Sijunjung, Arus Lalu Lintas Buka Tutup

Longsor menyebabkan sebagian badan jalan tertutup material, sehingga petugas terpaksa melakukan sistem buka tutup sampai material longsor dievakuasi menggunakan alat berat yang sudah disiapkan.

Pembersihan material longsor di Sijunjung. (Dok. Istimewa)

Pembersihan material longsor di Sijunjung. (Dok. Istimewa)

SIJUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Curah hujan yang cukup tinggi di Provinsi Sumbar membuat longsor terjadi di wilayah Kabupaten Sijunjung, tepatnya di Jalan Lintas Sumatera Kamang Baru, persisnya di perbatasan Kabupaten Sijunjung dengan Kabupaten Dhamasraya.

Longsor di Sijunjung itu terjadi pada Minggu (23/4/2023) di hari kedua lebaran. Longsor menyebabkan sebagian badan jalan tertutup material.

Sehingga petugas terpaksa melakukan sistem buka tutup sampai material longsor dievakuasi menggunakan alat berat yang sudah disiapkan.

Anto (45), warga Padang dari Dhamasraya saat mau pulang ke Padang mengatakan, dia tidak menduga akan terjadinya longsor disana. Ketika sampai di lokasi, ada bongkahan karang berjatuhan, dia pun berhenti.

“Saya cari lokasi yang aman pak, sekejap material longsor langsung jatuh dan menimbun separo badan jalan, untung saja tidak apa apa,” ungkapnya.

Kasat Lantas Polres Sijunjung, AKP Zamrinaldi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya melakukan sistem buka tutup dan alat berat masih bekerja untuk membersihkan material longsor.

Personel polisi pun masih mengatur arus lalin disana. “Tidak ada korban jiwa, namun jalan agak terganggu sampai kita mengevaluasi longsor tersebut.”

“Kami mengimbau kepada para pemudik agar berhati-hati dalam berkendara dan ingat, kalau ngantuk jangan dipaksakan.”

“Silakan beristirahat di tempat atau pos yang disediakan. Kalau hujan, cari tempat yang aman. Jika ada bahaya longsor, cari petugas terdekat,” tutupnya. (rdr-007)

Exit mobile version