WhatsApp Banjir Ucapan Idul Fitri, Ini Cara Hapusnya Secara Otomatis

Kebanyakan chat WhatsApp pun dapat mengakibatkan memori HP jadi penuh. Belum lagi dengan memori dari gambar atau video yang dilampirkan.

Ilustrasi WhatsApp. (net)

Ilustrasi WhatsApp. (net)

JAKARTA, RADARSUMBAR.COM – Di Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini, pastinya kita dibanjiri kiriman ucapan Lebaran melalui WhatsApp. Ada yang berupa paragraf panjang, ada pula yang disertai gambar atau video.

Kebanyakan chat WhatsApp pun dapat mengakibatkan memori HP jadi penuh. Belum lagi dengan memori dari gambar atau video yang dilampirkan.

Jangan khawatir, kini WhatsApp punya ‘fitur tersembunyi’ yang dapat menghapus pesan yang sudah terkirim.

Fitur yang menyembunyikan pesan atau percakapan secara otomatis yang bernama Disappearing Messages. Jika fitur ini diaktifkan, pesan yang sudah terkirim ke ruang chat terhapus secara otomatis.

Selain untuk urusan privasi, fitur ini juga berguna bagi pengguna yang ingin menghemat kapasitas penyimpanan ponsel.

Terutama, ruang penyimpanan yang habis untuk fail percakapan berukuran besar dari ruang grup WhatsApp atau fail berbentuk gambar dan video.

Fitur Disappearing Messages bisa diaktifkan secara bawaan. Dengan begitu, semua chat yang dikirim akan menghilang sesuai dengan durasi yang telah dipilih.

Perusahaan juga menambahkan opsi baru untuk membuat pesan menghilang pada grup. Namun fitur bersifat opsional serta tidak mengubah apa pun yang sudah ada sebelumnya.

“Pengguna WhatsApp akan punya opsi mengaktifkan Disappearing Messages secara default untuk semua chat. Saat mengaktifkannya, seluruh chat Anda atau orang lain akan diatur untuk menghilang selama durasi yang dipilih,” tulis WhatsApp dikutip Jumat (21/4/2023).

“Dan kami telah menambahkan opsi baru saat membuat chat group yang memungkinkan Anda mengaktifkannya untuk grup yang dibuat. Fitur ini dibuat opsional dan tidak mengubah atau menghapus chat yang sudah ada”.

Saat fitur aktif, maka ada notifikasi soal hal tersebut di chat agar lawan bicara mengetahuinya. Di saat bersamaan, WhatsApp juga menambah dua durasi untuk pesan menghilang. Saat ini ada 24 jam dan 90 hari, selain opsi 7 hari yang sudah ada sebelumnya.

Untuk mengaktifkan ‘Disappearing Messages’, dengan cara membuka Pengaturan/Setelah WhatsApp > klik Akun > Privasi > Timer pesan default, terakhir pilih durasi.

Jika opsi tidak ada, pengguna harus memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Sekarang, Anda bisa menghapus ucapan Lebaran secara otomatis sebelum memori HP-mu penuh. (rdr/cnbc)

Exit mobile version