KPU RI Lantik Komisioner 15 KPU Daerah di Sumbar

Sesuai jadwal yang diterima dari KPU RI setelah pelantikan para komisioner itu langsung bertugas di daerah karena pada 21 Juni 2023 ada pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat kabupaten dan kota.

Ilustrasi gedung Komisi Pemilihan Umum RI. (net)

Ilustrasi gedung Komisi Pemilihan Umum RI. (net)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI resmi melantik komisioner KPU daerah di 15 kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Barat periode 2023-2028 pada Jumat (16/6/2023) di Jakarta.

Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen di Padang, Jumat mengatakan pelantikan komisioner tersebut dilakukan setelah calon anggota KPU itu melalui serangkaian tes dan mereka dinyatakan lulus tahapan tersebut.

“Terakhir adalah uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan KPU RI secara langsung,” kata dia.

Ia mengatakan kelulusan mereka ditetapkan sebagai komisioner melalui surat KPU RI Nomor 55/SDM.12-Pu/04/2023 tentang calon anggota KPU kabupaten/kota terpilih pada 26 kabupaten/kota di tiga provinsi periode 2023-2028 yang ditetapkan Ketua KPU Hasyim Asy’ari.

Menurut dia, sesuai jadwal yang diterima dari KPU RI setelah pelantikan para komisioner itu langsung bertugas di daerah karena pada 21 Juni 2023 ada pleno penetapan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat kabupaten dan kota.

“Setelah penetapan DPT, baru komisioner ini melakukan orientasi tugas terkait jadwal dan dilaksanakan menunggu arahan pusat, namun informasi akan dilakukan di Jakarta,” kata dia.

Surat pengumuman tersebut juga berisikan nama-nama komisioner dari tiga provinsi di Indonesia yang juga di seleksi beberapa waktu yang lalu.

Untuk Provinsi Sumbar, 15 KPU Sumbar periode 2023-2028 yaitu KPU Kabupaten Padang Pariaman, Agam, Limapuluh Kota, Dharmasraya, Solok, Pesisir Selatan, Pasaman, Pasaman Barat, Bukittinggi, Sijunjung Kepulauan Mentawai, Solok Selatan, Payakumbuh, Tanah Datar, dan Kota Solok.

Surya Efitrimen memberikan ucapan selamat kepada para komisioner atau kandidat yang terpilih.

“Kita mengharapkan komisioner KPU terpilih merupakan yang terbaik dan semoga amanah dalam menjalankan tugas,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version