Aipda David Rico Darmawan, “Buser Ganas” Tim Klewang yang Pernah jadi Kuli Angkat di Pasar Bandarbuat

Sepak terjangnya bikin para bandit gemetar.

Aipda David Rico Darmawan, "Buser Ganas Polresta Padang" salah satu personel Tim Klewang salam komando dengan wartawan radarsumbar.com. (IST)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tim Klewang menjadi salah satu tim khusus anti-bandit yang dibentuk Polresta Padang. Tim ini dibentuk untuk menanggulangi aksi-aksi kejahatan di wilayah Kota Padang. Tim ini berisikan polisi pilihan, yang memang memiliki keahlian mumpuni di bidang reserse.

Salah satunya, Aipda David Rico Darmawan. Lelaki yang biasa disapa Buser Ganas Polresta Padang ini, sudah dikenal seiring dengan wara wiri wajahnya di sejumlah stasiun TV dan siaran YouTube. Sepak terjangnya bikin para bandit gemetar. Sejumlah pelaku kejahatan sudah berhasil ditangkap David bersama personel Tim Klewang lainnya.

Kecintaanya pada dunia reserse, memang sudah terlihat dari awal. Saat diterima menjadi anggota Polri, David pun langsung mengambil bagian reserse. Banyak lika liku selama ia menjadi anggota reserse. Pekerjaannya yang bersentuhan langsung dengan para penjahat menerpa dirinya, membuat ia menjadi semakin “kuat”.

Bagaimanapun ia harus lebih kuat dan berani dari penjahat. Pasalnya, pekerjaan ini nyawa tantangannya. Jika tak berani dan berhati-hati, nyawa bisa menghilang.

“Sudah ratusan penjahat yang saya tangkap, mulai pelaku pencurian motor, mobil, pencurian rumah, perampokan sampai pelaku begal, bahkan sudah banyak juga dilakukan tindakan tegas dan terukur, karena penjahat tersebut melawan dan mencoba kabur ketika ditangkap,” ungkap David saat berbincang dengan radarsumbar.com, Selasa (14/9/2021).

Baginya, aksi kriminalitas yang dilakukan para penjahat ini sangat meresahkan warga Kota Padang. Menjadi bagian dari Tim Klewang, baginya punya tanggung jawab yang besar. Kenyamanan dan keamanan warga Padang adalah harga mati. Dengan sepenuh hati dan kekompakan Tim Klewang bersama jajaran kepolisian di Polresta Padang, dia terus berusaha bagaimana keberadaannya dan Tim Klewang dapat dirasakan di tengah-tengah masyarakat.

“Saya bergabung di Kepolisian ini, dengan penjuangan yang berat. Sebelum masuk polisi saya pernah jadi kuli angkat di Pasar Bandar Buat, Kecamatan Lubukkilangan. Alhamdulilah itu semua saya bisa lalui dan hari ini saya bisa bergabung dengan tim kebangaan urang awak ini, Tim Klewang Satreskrim Polresta Padang,” tutur putra Bandar Buat, Kecamatan Lubukkilangan tersebut. (rdr-007)

Exit mobile version